Kemarau Panjang, Pasien Penyakit ISPA di Kota Tegal Meningkat Hingga 30 Persen

Kemarau Panjang, Pasien Penyakit ISPA di Kota Tegal Meningkat Hingga 30 Persen

Dokter spesialis anak menyampaikan perkembangan penyakit ISPA --

RADAR TEGAL - Musim kemarau yang berkepanjangan, mengakibatkan pasien Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) mengalami peningkatan. Bahkan, peningkatannya hingga puluhan persen.

Untuk mencegah anak-anak mengalami penyakit ISPA, orang tua pun diimbau untuk melakukan beberapa hal. Salah satunya, menjauhkan anak dari paparan asap rokok.

Dokter Spesialis Anak RSUD Kardinah dr. Hery Susanto mengatakan saat ini jumlah pasien dengan gejala penyakit ISPA yang dia rawat mengalami kenaikan. Peningkatannya bahkan mencapai hingga 30 persen dibanding dengan sebelumnya.

"Belakangan ini pasien dengan diagnosis penyakit ISPA yang saya tangani meningkat. Kalau dibandingkan dengan sebelumnya mencapai 30 persen,"katanya.

BACA JUGA:Angka Penyakit ISPA di Kabupaten Tegal Sangat Tinggi, Terjadi Hampir di Semua Daerah

Menurut Hery, penyebab meningkatnya pasien ISPA karena beberapa faktor. Di antaranya, adanya perubahan cuaca, polusi udara hingga daya tahan anak.

"Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan itu. Antara lain, faktor cuaca karena saat ini masuk di peralihan, kemudian lingkungan atau polusi udara dan daya tahan anak,"ujarnya.

Karenanya, kata Hery, untuk mencegah anaknya mengalami penyakit ISPA, orang tua perlu melakukan beberapa hal. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menjauhkan anak dari paparan polisi udara dan asap rokok serta melengkapi imunisasi.

"Untuk mencegah penyakit ISPA, orang tua perlu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Kemudian, menjauhkan anak dari paparan polusi udara dan asap rokok, serta memastikan imunisasi anak lengkap,"terangnya.

BACA JUGA:Waspada! Penyakit ISPA di Kabupaten Tegal Membludak saat Kemarau, Mayoritas Anak-anak

Selain itu, imbuh Hery, jika mengalami gejala yang mengarah ke ISPA, perlu segera dibawa ke dokter maupun fasilitas kesehatan. Sehingga, bisa dilakukan penanganan segera agar tidak semakin parah. (*)

Sumber: