5 Trik Ampuh Membuat AC Portabel Anda Tetap Wangi, Lakukan Secara Rutin!

5 Trik Ampuh Membuat AC Portabel Anda Tetap Wangi, Lakukan Secara Rutin!

5 Trik Ampuh Membuat AC Portabel Anda Tetap Wangi, Lakukan Secara Rutin!-teknologi-radar tegal

RADAR TEGAL - AC portabel atau AC Praktis, telah banyak digunakan. Alat ini menjadi salah satu solusi untuk mendinginkan ruangan di rumah, kantor, atau kendaraan.

AC portabel memiliki banyak keunggulan. Seperti ukurannya yang ringkas, mudah dibawa, dan harganya yang lebih terjangkau dibandingkan AC split.

Namun, AC portabel juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu yang biasa dikeluhkan yakni mudah berbau.

AC portabel yang berbau dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan. Bau yang tidak sedap dapat berasal dari debu, kotoran, atau bakteri yang menumpuk di dalam AC.

BACA JUGA:Teknik Perawatan AC Portabel yang Benar, Dingin Seruangan dengan Kinerja Optimal

BACA JUGA:AC Portabel Rusak Padahal Baru Saja Beli? Ternyata Ini Penyebabnya

Untuk mengatasinya, ada beberapa trik yang dapat dilakukan agar AC Portabel Anda tetap wangi. Berikut ini adalah beberapa triknya:

1. Bersihkan filter secara rutin

Filter AC adalah salah satu komponen terpenting dalam AC. Filter berfungsi untuk menyaring udara kotor dan debu. Jika filter tidak dibersihkan secara rutin, maka debu dan kotoran akan menumpuk dan dapat menyebabkan bau tidak sedap.

Untuk membersihkan filter AC ini, Anda dapat mengikuti petunjuk yang tertera pada buku manual. Umumnya, filter AC ini dapat dicuci dengan air sabun. Setelah dicuci, keringkan filter dengan benar sebelum dipasang kembali.

2. Gunakan penyegar udara

Penyegar udara adalah cara yang mudah dan praktis untuk menghilangkan bau tidak sedap dari AC. Anda dapat menggunakan penyegar udara cair, gel, atau semprot. Pilihlah penyegar udara yang memiliki aroma yang Anda sukai.

BACA JUGA:TOP 5 AC Portabel Murah Tahun 2023, Punya Daya Rendah dan Banyak Keunggulan

BACA JUGA:Sudah Saatnya AC Portabel Berjaya, Inilah 4 Keunggulan yang Kamu Bisa Dapatkan

Untuk menggunakan penyegar udara, ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Umumnya, penyegar udara cair atau gel dapat dituangkan ke dalam wadah khusus yang tersedia di dalam AC. Sedangkan penyegar udara semprot dapat disemprotkan langsung ke dalam AC.

3. Gunakan baking soda

Baking soda adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap. Caranya, taburkan baking soda ke dalam filter AC portabel.

Biarkan baking soda selama beberapa jam atau semalaman, lalu bersihkan filter dengan air sabun.

4. Gunakan cuka putih

Cuka putih juga merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap. Caranya, campurkan cuka putih dengan air dengan perbandingan 1:1. Lalu, semprotkan campuran cuka putih dan air ke dalam AC Anda.

BACA JUGA:Hindari Overloading! Inilah Tips Merawat AC Portabel Anda Tetap Dingin dan Tahan Lama

BACA JUGA:6 AC Portabel Murah Terbaik dengan Daya Rendah dan Banyak Keunggulan, Minat?

5. Gunakan lemon

Lemon adalah buah yang memiliki aroma segar. Caranya, potong lemon menjadi beberapa bagian. Lalu, masukkan potongan lemon ke dalam filter AC. Biarkan lemon selama beberapa jam atau semalaman, lalu bersihkan filter dengan air sabun.

6. Gunakan karbon aktif

Karbon aktif adalah bahan yang dapat menyerap bau tidak sedap. Caranya, masukkan karbon aktif ke dalam filter AC. Biarkan karbon aktif selama beberapa hari atau minggu, lalu bersihkan filter dengan air sabun.

7. Bersihkan secara berkala

Selain membersihkan filter, Anda juga perlu membersihkan AC secara berkala. Caranya, lepaskan AC portabel dari tempatnya. Lalu, bersihkan bagian luar dan dalam AC dengan lap basah.

BACA JUGA:Intip 5 Pilihan AC Portabel Terbaik Tahun 2023, Mending Pakai Ini Dari Pada Model Dinding

BACA JUGA:Simak Cara Memilih Filter untuk AC Portabel, Pastikan Menggunakan HEPA!

Kesimpulan

Dengan mengikuti trik-trik di atas, Anda dapat membuat AC portabel Anda tetap wangi dan nyaman digunakan. Semoga bisa bermanfaat.(*)

Sumber: