Lakukan 2 Cara Ini Supaya AC Portable Tetap Awet dan Dingin, Sangat Mudah dan Nggak Ribet!

Lakukan 2 Cara Ini Supaya AC Portable Tetap Awet dan Dingin, Sangat Mudah dan Nggak Ribet!

Cara Supaya AC Portable Awet.--

RADAR TEGAL – Kini penggunaan AC portable makin marak digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Berikut cara supaya AC portable awet.

AC portable sendiri merupakan salah satu jenis AC yang bisa Anda gunakan untuk mendinginkan sebuah ruangan. Sesuai dengan namanya, AC ini mudah Anda pindahkan sehingga bisa digunakan di ruangan manapun yang Anda inginkan.

Namun, apabila Anda minat untuk memilikinya, maka pastikan untuk merawatnya dengan tepat dan benar supaya bisa Anda gunakan lebih lama, ya.

Melansir dari Kompas.com, berikut cara supaya AC portable tetap awet.

BACA JUGA: Intip 6 Daftar AC Portable Beserta Keunggulannya, Harga Mulai 80 Ribuan!

Cara Supaya AC Portable Awet dan Dingin

1. Bersihkan AC secara Rutin

Tahukah Anda bahwa supaya AC potable Anda tetap awet dan bebas dari debu serta kotoran. Maka Anda perlu membersihkannya secara rutin.

Namun, sebelum dibersihkan pastikan AC portable Anda sudah dimatikan, ya. Kemudian cabut stekernya dari stopkontak supaya tidak terdapat aliran listrik yang masuk ke AC.

Adapun cara membersihkan AC portable tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengunakan kain lap yang sudah diberi sedikit air supaya agak lembap, kemudian seka badan AC portable.

Setelah diseka dengan kain lap yang agak basah tersebut, seka badan AC portable dengan kain lap kering yang lembut untuk mencegah goresan.

Namun perlu Anda ingat bahwa dalam proses membersihkan AC ini, Anda tidak boleh menggunakan cairan berupa minyak tanah, alkohol, bensin, dan cairan pembersih lainnya.

BACA JUGA: Hindari 4 Kebiasaan yang Bisa Membuat AC Cepat Rusak, Salah Satunya Menutupi Semua Ventilasi

2. Bersihkan filter AC portable

Cara merawat AC portable selanjutnya supaya tetap awet yakni dengan rutin membersihkan filter atau saringan udara AC portable. Hal ini penting untuk Anda lakukan supaya AC portable Anda tetap bisa mengeluarkan udara dingin yang sejuk.

Nah, untuk membersihkan seringan udara pada AC portable ini, Anda hanya perlu melepas saringan udara dan bersihkan dengan penyedot debu atau vacuum cleaner, ya. 

Namun, apabila saringan udara sangat kotor. Maka, Anda perlu merendamnya ke dalam air hangat dan bilas beberapa kali.

Setelah itu, keringkan dengan cara menjemurnya atau dinginkan di angin-angin. Pastikan juga saringan udara Anda sudah benar-benar kering sebelum Anda memasangnya kembali ke tempatnya, ya.

BACA JUGA: 4 Cara Memilih AC Dinding Irit Listrik dengan Harga Murah, Tagihan Ga Bakal Mahal

Demikian ulasan mengenai cara membersihkan AC portable supaya awet. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: