Hari Baik untuk Memulai Usaha dalam Islam, InsyaAlloh Berkah Dunia Akhirat

Hari Baik untuk Memulai Usaha dalam Islam, InsyaAlloh Berkah Dunia Akhirat

Hari baik untuk memulai usaha tidak dikenal dalam ajaran agama Islam, karena semua hari sama baiknya dan bermanfaat.--

RADAR TEGAL - Rezeki adalah kenikmatan, keberkahan, serta karunia yang diberikan Allah SWT pada hamba-Nya. Tahukah Anda ternyata ada hari baik untuk memulai usaha, yang disarankan para ulama.

Meskipun dalam ajaran Islam tidak ada pembahasan secara spesifik mengenai hari baik untuk membuka memulai usaha. Karena pada dasarnya semua hari dalam ajaran agama Islam adalah baik, dan sama manfaatnya.

Agama Islam mengajarkan pekerjaan yang paling dianjurkan adalah berdagang, sebagaimana Nabi Muhammad SAW contohkan. Lalu bagaimana dengan penentuan hari baik untuk memulai usaha, dalam hal ini berdagang misalnya?

Sebagaimana diketahui, Nabi Muhammad SAW berdagang dengen mengedepankan kejujuran, itulah sebabnya banyak orang sangat menyukainya. Tidak ada jejak sejarah maupun literatur yang menyebutkan tentang hari baik untuk memulai usaha.

Keberhasilan nabi SAW berdagang inipula yang menular kepada sahabatnya, seperti Abdurahman bin Auf dan Usman Bin Affan. Keduanya dikenal sebagai shabat Nabi SAW yang kaya raya dari hasil berdagang, dan hartanya disumbangkan untuk perjuangan Islam.

Kendati dalam Islam tidak ada pembahasan khusus mengenai hari baik, tetapi terdapat beberapa pendapat ulama terkait hal tersebut. Karena itu pendapat-pendapat itu bisa dipedomani untuk menjemput rezeki untuk buka usaha.

Hari baik memulai usaha menurut Islam

Menurut Islam rezeki ada dua yakni rezeki umum dan kusus. Rezeki umum segala sesuatu yang bermanfaat bagi manusia, sedangkan rezeki khusus merupakan segala hal yang bermanfaat dalam menegakkan iman dan takwa seseorang.

Rezeki yang didapatkan secara halal adalah rezeki yang diperoleh atau dicari sesuai dengan ajaran Islam. Rezeki yang berkah akan membawa kebaikan kepada pemiliknya maupun orang lain yang menerimanya, sebagaimana janji Allah SWT kepada hamba-Nya yang bersyukur.

 

Lalu bagaimana tentang hari baik untuk memulai usaha? Walaupun tidak disinggung khusus, dalam kitab Syamsul Ma’rif al-Kubra karya Syekh Ahmad Al-Buni terdapat beberapa rujukan terkait hal tersebut, di antaranya:

1. Waktu terbaik dalam memulai perniagaan antara lain bisa dimulai pada hari Selasa. Selain itu, dianjurkan memulainya antara pukul 08.00-09.00.

2. Selain itu, disarankan juga memulai usaha pada hari Jumat antara pukul 13.00-14.00. Dalam catatan sejarah bangsa Arab, hari Jumat merupakan raja di antara hari-hari lain, dan dikenal sebagai sayyidul ayyam.

3. Anda juga disarankan bisa memulai usaha pada hari Sabtu antara pukul 14.00-15.00. Insya Allah jika memulai pada waktu tersebut, menurut pengarang kitab dimaksud, akan terhindar dari kerugian dan kebangkrutan.

6 tips sukses menjemput rezeki

Islam menekankan dalam mencari rezeki, carilah yang halal dan berkah yakni dengan menjauhi segala larangan Alloh SWT tentang perkara yang haram. Sama sekali tidak disinggung tentang hari baik untuk memulai usaha.

Kepastian rezeki dalam Alquran terdapat dalam surat Ibrahim ayat 7: Dan (ingatlah) Ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Karena itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha, supaya mendapatkan berkah dan sesuai tuntunan Islam. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

Sumber: