Belajar Pengelolaan Sampah Sejak Dini, Murid PAUD di Kota Tegal Diajari Cara Memilah

Belajar Pengelolaan Sampah Sejak Dini, Murid PAUD di Kota Tegal Diajari Cara Memilah

BERSAMA-Pengurus Bank Sampah Marga Jaya Rindang, Bunda PAUD Kelurahan Margadana Sri Lestari, Mahasiswa Poltek Harber dan Murid PAUD saat edukasi pengelolaan sampah.-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Masalah sampah menjadi isu lingkungan yang selalu dicari solusinya dari generasi ke generasinya. Karenanya, belajar pengelolaan sampah sejak dini mulai dibiasakan.

Salah satunya seperti yang dilakukan salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Tegal. Puluhan murid PAUD Kesambi Sari diberi edukasi tentang pengelolaan sampah di Bank Sampah Marga Jaya Rindang Kelurahan Margadana Kecamatan Margadana. 

Terkait pengelolaan sampah ini, Bunda PAUD Kelurahan Margadana Sri Lestari menyampaikan, ini merupakan yang ke sekian kalinya kunjungan PAUD ke Bank Sampah. Hal itu sangat penting untuk memberikan mereka edukasi tentang pengelolaan sampah. 

Sehingga mereka akan terbiasa untuk memanfaatkan sampah sejak dini.

BACA JUGA:Belajar Pengelolaan Sampah, SD Negeri Margadana 4 Kota Tegal Gandeng Marga Jaya Rindang

"Edukasi pemanfaatan sampah itu sangat bagus, untuk mendidik anak usia dini," ujarnya, Sabtu 21 Oktober 2023.

Teknis belajar pengelolaan sampah bagi anak PAUD ini dengan bersama-sama menyetorkan sampah dan melihat secara langsung proses pencatatan. Setelah itu mereka diajari cara memilah sampah.

"Mereka bersama-sama membawa sampah dari sekolah, untuk disetorkan ke bank sampah sebagai edukasi pengelolaan sampah," kata Kepala PAUD Kesambi Sari Sunaeni.

Setelah mereka sampai, dilanjutkan dengan proses pencatatan. Mereka bisa melihat secara langsung proses yang termasuk dalam pengelolaan sampah tersebut. 

BACA JUGA:Keren Nih! Pengelolaan Sampah Plastik dan Organik Dilakukan Mandiri, Desa Ini Tak Buang ke TPA

Hal itu merupakan salah satu inovasi dan program Kompos yaitu kerjasama serta edukasi pengelolaan sampah sekolah.

"Kami mempunyai program dan inovasi kompos, hal itu sudah kami terapkan sejak bank sampah berdiri," ujar Direktur Bank Sampah Marga Jaya Rindang Meiwan Dani Ristanto. (*)

Sumber: