Jabatan Danlanal Tegal Diserah Terimakan, Ini Pesan Danlantamal V Kepada Pejabat Baru

Jabatan Danlanal Tegal Diserah Terimakan, Ini Pesan Danlantamal V Kepada Pejabat Baru

Upacara serah terima jabatan Danlanal Tegal--

RADAR TEGAL - Jabatan Komandan Pangkalan TNI-AL (Danlanal) Tegal diserahterimakan di Mako Lanal, Jumat 13 Oktober 2023 pagi. Kegiatan dipimpin langsung Komandan Pangkalan Utama TNI-AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama Eko Wahyono.

Hadir dalam kegiatan serah terima jabatan Danlanal Tegal, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, Sekda drg. Agus Dwi Sulistyantono, tokoh agama dan masyarakat. Selain itu, kegiatan juga dihadiri instansi lainnya.

Usai kegiatan Danlantamal V Surabaya Laksamana Pertama Eko Wahjono mengatakan serah terima jabatan Danlanal Tegal merupakan bagian dari pembaharuan organisasi. Atau, tugas pokok Lanal agar menjadi lebih baik.

"Ini juga sudah menjadi keputusan pimpinan untuk memberikan kesempatan kepada anggota. Rotasi di Lanal, hanya satu tahun supaya terus berjalan untuk mendidik menjadi pemimpin,"katanya. 

Baca Juga: Selamat Jalan Hiu Kencana, Lanal Tegal Gelar Salat Ghaib dan Doa Bersama Selama Tujuh Hari

Menurut Danlantamal V, Fungsi Lanal Tegal yakni membantu Pemerintah Daerah untuk menjaga keamanan dan pertahanan. Karenanya, ada beberapa pesan yang harus dilakukan oleh pejabat Danlanal Tegal yang baru.

"Pertama, menjaga soliditas baik internal maupun dengan Forkopimda. Karena ini yang paling penting,"katanya.

Kemudian, kata Danlantamal, Danlanal Tegal harus mampu membangkitkan semangat juang prajurit. Serta meningkatkan kemampuan tempur.

"Karena ini tugas TNI untuk menajga keamanan dan pertahanan terutama laut. Wilayah laut kita sangat luas, sehingga perlu kemampuan tempur yang tinggi untuk bisa mempertahankannya,"ujarnya.

Baca Juga: Nelayan Temukan Ribuan Peluru Kaliber 12.7 dan 7.62 di Perairan Nusakambangan, Danlanal Gercep Lakukan Ini

Danlantamal menegaskan sampai dengan saat ini wilayah perairan dari Tegal hingga bali masih aman dan kondusif. Meski begitu, pihaknya terus melakukan kemampuan dengan berlatih.

"Baik pendapatan maupun penggunaan alutsista strategis. Hal ini untuk kewaspadaan dan meningkatkan keamanan laut,"tegasnya.

Terakhir, imbuh Danlantamal, Danlanal Tegal harus mampu membantu Pemerintah Daerah. Utamanya, dalam mengantisipasi kerawanan bencana kebakaran. 

"Kalau gejolak nelayan belum ada, tetapi, yang perlu diwaspadai kerawanan kebakaran di Tegal. Danlanal Tegal harus mampu membantu menangani kerawanan kebakaran,"pungkasnya. (*)

Sumber: