Apa Ciri-ciri Penyakit Mulut dan Kuku? Simak Jawabannya di Sini

Apa Ciri-ciri Penyakit Mulut dan Kuku? Simak Jawabannya di Sini

VAKSINASI - Tim dari Dinas KP Tan Kabupaten Tegal saat melakukan vaksinasi untuk mencegah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di Kecamatan Lebaksiu, Kamis 5 Oktober 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tengah menjadi ancaman bagi hewan ternak. Sayangnya, para petani hewan ternak terkadang tidak tahu ciri-ciri hewan yang terkena penyakit tersebut.

Kali ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP Tan) Kabupaten Tegal Agus Sukoco melalui Kabid Peternakan Sugiyanto menjelaskan bahwa penyakit mulut dan kuku kerap menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, babi, domba dan kambing.

Jika hewan ternak itu diserang penyakit mulut dan kuku, maka akan terdapat luka pada lidah, gusi, hidung dan kuku yang terinfeksi.

Biasanya, ciri-ciri terserang penyakit mulut dan kuku, hewan itu tidak mampu berjalan sempurna. Kakinya akan pincang saat berjalan. Selain itu, air liur juga akan menetes secara terus menerus.

BACA JUGA:Cegah Penularan Penyakit Mulut dan Kuku di Kabupaten Tegal, 74 Ekor Kambing Divaksin

BACA JUGA:Rutin Dapat Suplai Obat dan Vitamin, Hewan Kurban di Kota Tegal Dipastikan Bebas Penyakit Mulut dan Kuku

"Hewan juga sungkan makan. Nafsunya berkurang," kata Sugiyanto, saat melakukan vaksinasi hewan ternak untuk mencegah penyakit mulut dan kuku di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal, Kamis 5 Oktober 2023.

Dirinya tak menampik, penyakit mulut dan kuku memang tidak membahayakan bagi manusia. Namun, jika virus itu dibiarkan, maka hewan ternak akan meninggal. 

Sehingga petani akan merugi. Karenanya, Dinas KP Tan gencar melakukan vaksinasi hewan ternak di sejumlah desa di Kabupaten Tegal.

"Kali ini vaksinasi dilakukan di Desa Kambangan dan Kesuben," ucapnya.

BACA JUGA:Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Sapi Meluas, Polisi di Tegal Periksa Hewan Ternak

BACA JUGA:Puncak Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan, DPKH Gelar Kontes Domba dan Kambing

Di dua desa itu, Sugiyanto mengaku telah memberikan vaksin terhadap 190 ekor kambing dan domba. Dalam kesempatan itu, Sugiyanto menggandeng drh Kristiana Dewi, Husni M dan Urip Yulistiyo.

Sumber: radartegal.disway.id