Hari Batik Nasional, ASN dan Non-ASN di Lingkungan Pemkot Tegal Kompak Lakukan Ini

Hari Batik Nasional, ASN dan Non-ASN di Lingkungan Pemkot Tegal Kompak Lakukan Ini

HARI BATIK- Dalam rangka Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, seluruh karyawan dan karyawati di lingkungan Pemerintah Kota Tegal mengenakan baju batik.-tegalkota.go.id-

RADAR TEGAL- Senin, 2 Oktober 2023 hari ini diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Untuk memperingatinya, Pemerintah Kota Tegal menyerukan seluruh pegawainya baik ASN maupun Non ASN mengenakan baju atau seragam batik.

Peringatan Hari Batik Nasional itu sebagaimana arahan Sekretaris Daerah Kota Tegal mendasari Keputusan Presiden Nomor: 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional.  

Dalam rangka Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, seluruh karyawan dan karyawati di lingkungan Pemerintah Kota Tegal pada hari ini mengenakan baju batik.

Seluruh staf baik ASN dan Non-ASN Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal mengenakan baju batik dalam rangka Hari Batik Nasional. Termasuk LPPL Radio Sebayu FM Kota Tegal yang berada di bawah naungan Diskominfo Kota Tegal.

BACA JUGA:Batik Ciprat Buatannya Kalah Bersaing untuk Seragam ASN Kabupaten Tegal, Disabilitas Gigit Jari

BACA JUGA:Tilik Desa Slawi Kulon, Ecoprint dan Batik Ciprat Kabupaten Tegal Dikenalkan Bupati Umi

Terkait Hari Batik Nasional, Galih, salah satu penyiar Sebayu FM mengungkapkan, batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia. Oleh karena itulah batik Indonesia telah diakui sebagai warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage) oleh UNESCO.

"Sebagai bangsa Indonesia saya merasa bangga, dan jika bukan kita yang melestarikan dan menjaganya agar batik terus ada dan tak tergerus zaman, maka siapa lagi? Jadi sudah sepatutnya bangsa Indonesia bangga dan mencintai batik dengan berbagai coraknya," ujar Galih dikutip dari web resmi Pemkot Tegal.

Direktur Utama Sebayu FM Kota Tegal Elok Melati merasa bangga jika mengenakan baju batik. Sebab batik bagian dari ciri khas Indonesia. 

Dengan mengenakan dan mencintai batik, khususnya di Hari Batik Nasional sekaligus wujud nguri-nguri budaya.

BACA JUGA:Batik Ciprat dan Ecoprint Bakal Jadi Seragam ASN Kabupaten Tegal, Bupati: Perbup Masih dalam Proses

BACA JUGA:Berkembang dengan Berbagai Motif, Ini Sejarah Batik Tegalan

Sementara, Pranata Humas Ahli Muda Sub Koordinator Seksi Pengelolaan Konten dan Hubungan Media Utariana mengatakan, kita patut menghargai hasil karya bangsa sendiri sebagai wujud cinta buatan produk indonesia dengan mengenakan Batik. 

Tidak hanya pada saat Hari Batik Nasional saja memakai batik, tetapi setiap hari Selasa ASN dan Non-ASN mengenakan batik sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kota Tegal. ***

Sumber: tegal.go.id