Anggaran Belanja Kota Tegal Diproyeksikan Capai Rp1,09 Triliun dalam APBD 2024

Anggaran Belanja Kota Tegal Diproyeksikan Capai Rp1,09 Triliun dalam APBD 2024

Walikota Tegal menyerahkan nota keuangan berisi proyeksi anggaran belanja daerah kota tegal--

RADAR TEGAL - Anggaran belanja Kota Tegal diproyeksikan mencapai Rp1,09 Triliun dalam APBD 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono saat menyampaikan pengantar nota keuangan dalam rapat paripurna, Jumat 29 September 2023 lalu.

Dalam sambutannya, Dedy Yon mengatakan anggaran belanja pada APBD 2024 direncanakan sebesar Rp1,09 Triliun. Sementara untuk pendapatan mencapai Rp1,07 Triliun, sehingga proyeksi APBD mengalami defisit anggaran sebesar Rp20 Miliar.

“Secara garis besar Raperda APBD 2024, dengan melihat keadaan belanja lebih besar dari pendapatan, mengalami defisit anggaran,"katanya.

Menurut Dedy Yon, Raperda APBD 2024 merupakan penjabaran lebih lanjut dari nota kesepakatan antara Pemkot dengan DPRD Kota Tegal. Yakni, tentang kebijakan umum APBD serta prioritas dan plafon anggaran sementara 2024. 

"Kesepakatan kedua dokumen tersebut penting artinya dalam penyusunan Raperda APBD 2024. Karena merupakan dasar penyusunan rancangan,"katanya.

Adapun rincian proyeksi APBD 2024 yakni pendapatan daerah sebesar Rp1.07 Triliun. Itu, terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) direncanakan sebesar Rp420 Miliar dan pendapatan transfer sebesar Rp657 Miliar.

Sedangkan untuk anggaran belanja daerah secara sebesar Rp1.09 Triliun. Itu, terdiri dari : belanja operasional sebesar Rp1,02 Triliun dan modal sebesar Rp67 Miliar.

"Untuk belanja tidak terduga sebesar Rp2 Miliar. Serta, pembiayaan daerah dan anggaran penerimaan pembiayaan daerah sebesar Rp20 Miliar,"tandasnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo dalam penyampaiannya mengatakan, setelah mendengar pengantar nota keuangan yang disampaikan Walikota, meminta kepada seluruh fraksi untuk menyusun pemandangan umumnya. Nantinya, akan dibacakan dalam rapat paripurna selanjutnya. ***

Sumber: