Pantau Salud, PKTJ Tegal dan Dirjen Perhubungan Darat Kunjungi TK Pembina Tegal Selatan

Pantau Salud, PKTJ Tegal dan Dirjen Perhubungan Darat Kunjungi TK Pembina Tegal Selatan

KUNJUNGAN-Direktorat Sarana Transport Jalan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Sapril Imanuel Ginting bersama Kepala Bidang P2PNF Disdikbud Kota Tegal Trismanto dan PKTJ Tegal saat mengunjungi TK Negeri Pembina Tegal Selatan.-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Untuk melihat sejauhmana program Sadar Lalu-lintas Anak Usia Dini (Salud) berjalan, jajaran Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Sarana Transportasi Jalan, Dirjen Perhubungan Darat dan dari Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal, termasuk juga dari Jasa Raharja berkunjung ke TK Pembina Tegal Selatan.

PKTJ Tegal dan rombongan memantau Salud yang sejak 2020 digulirkan. Apakah benar bisa berjalan dan memberi manfaat untuk guru dan lingkungan pendidikan.

“Kita ingin melihat program Salud di lapangan, jadi kita setiap tahun melakukan pembinaan teknis kepada guru-guru TK tidak hanya di Kota Tegal tetapi di seluruh Indonesia. Kebetulan di tahun 2020 kita sudah menanamkan dan sekarang akan lihat apakah program-program yang kita rencanakan tahun itu dapat diimplementasikan dengan baik atau tidak di sekolah," kata Direktorat Sarana Transport Jalan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Sapril Imanuel Ginting yang hadir bersama rombongan PKTJ Tegal.

Sapril merasa sangat senang dan tidak menyangka, program yang sudah berjalan tiga tahunan itu ternyata direspon positif dan banyak perubahan karakter pada anak-anak dan lingkungan pendidikan.

BACA JUGA:Peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 68 Polres Tegal Digelar Sederhana

BACA JUGA:Sambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara, Yayasan AHM Siapkan Duta Safety Riding Milenial dari Jawa Tengah

"Kita melihat perkembangannya sangat pesat apalagi dengan pergantian siswa dan orang tua setiap tahun pendidikan baru, artinya sudah banyak masyarakat yang terpapar tentang budaya keselamatan," ujarnya.

Rombongan Sapril dan PKTJ Tegal melihat secara langsung praktik anak-anak dan orang tua dengan dukungan guru dalam simulasi keselamatan berkendara di Taman Lalu Lintas yang ada di komplek TK tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang P2PNF Disdikbud Kota Tegal Trismanto menyampaikan bahwa program Salud ini juga merupakan salah satu upaya menyiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2045.

"Program salud ini salah satu upaya menyiapkan generasi emas," terang Trismanto, Sabtu 29 September 2023.

BACA JUGA:Kecelakaan Lalu Lintas di Jalur Flyover Kretek Brebes Kerap Terjadi, Ternyata Ini Pemicunya

BACA JUGA:2 Pekan Operasi Zebra Candi 2023, Polres Tegal Tindak 904 Pelanggar Lalu Lintas

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Pembina Tegal Selatan Evi Purwani menyambut positif kegiatan Salud yang sudah nyata banyak memberi pendidikan keselamatan berlalu lintas baik untuk anak-anak didiknya maupun orang tua. 

Dengan Salud, kesadaran orang tua melalui anak-anak dalam keselamatan berlalu lintas mampu mengubah kebiasaan. Seperti contoh dari tidak memakai helm saat mengantar anak yang disebabkan jarak yang dekat dengan sekolah.

Sumber: radartegal.disway.id