Gratis, Replika Peninggalan Nabi Muhammad SAW Dipamerkan di Tegal

Gratis, Replika Peninggalan Nabi Muhammad SAW Dipamerkan di Tegal

Salah satu warga tengah melihat replika cambuk peninggalan Nabi Muhammad SAW--

RADAR TEGAL - Sejumlah replika peninggalan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dipamerkan di Rumah Sakit Islam Harapan Anda Jalan Ababil Kelurahan Randugunting Kota Tegal. Kegiatan akan berlangsung selama sekitar dua pekan dan masyarakat dapat melihatnya secara gratis.

Berbagai peninggalan Nabi Muhammad mulai dari cincin hingga baju perang yang digunakan manusia paling mulia itu pada awal penyebaran agama Islam. Selain itu, masyarakat juga dapat melihat sejumlah foto tanah suci Makah dan Madinah saat itu.

Ketua panitia penyelenggara, Edi Zamroni mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sekaligus, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk belajar tentang sejarah perkembangan Islam.

"Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, RSI Harapan Anda menyelenggarakan pameran artefak di zaman perjuangan beliau,"katanya.

Menurut Edi, ada ratusan artefak yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut. Antara lain, baju perang, pedang, sandal bahkan cincin yang berfungsi sebagai stempel kala itu.

"Selain itu, juga ada peninggalan para sahabat, foto makam Nabi dan sahabat dan lainnya,"ujarnya.

Edi mengungkapkan, masyarakat dapat melihat pameran secara gratis artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW pada 29 September-4 Oktober 2023. Syaratnya, hanya mengkonfirmasi kehadiran terlebih dulu.

"Tujuan kita, antara lain untuk mengingatkan kembali sejarah perjuangan Nabi dan lebih dekat mengenalkan sosok suri tauladan umat di seluruh dunia. Harapannya, nanti dapat meniru akhlak beliau,"ujarnya.

Selain itu, ujar Edi, juga menambah semangat untuk mengamalkan ajaran syariat agama Allah yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Saat ini sudah ada ribuan masyarakat yang sudah mendaftarkan diri untuk bisa melihat secara langsung artefak tersebut.

"Setelah mendaftarkan diri, kita akan membalas lewat pesan. Saat ini sudah tertata jadwal kunjungan tersebut,"ujarnya.

Edi menambahkan, penyelenggaraan kali ini sudah yang ke-2. Terakhir kegiatan pameran artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW juga digelar pada 2019 lalu sebelum pandemi Covid-19.

Salah satu pengunjung Bambang, mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan tersebut. Dengan begitu, dia bisa melihat belajar sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam menyiarkan agama Islam.

"Kami menyambut baik kegiatan ini karena kita bisa belajar bagaimana beliau menyebarkan agama Islam,"ujarnya. ***

Sumber: