Polisi Bawa Senpi di Tegal Jalani Tes Psikologi, Alasannya Ternyata Ini

Polisi Bawa Senpi di Tegal Jalani Tes Psikologi, Alasannya Ternyata Ini

Tes psikologi bagi anggota Polres Tegal Kota yang membawa senpi--

RADAR TEGAL - Puluhan anggota Polres Tegal Kota pemegang senjata api (Senpi) menjalani tes psikologi, Selasa 26 September 2023 siang. Kegiatan itu, juga diikuti mereka yang akan dan sedang mengajukan izin untuk bisa memegang Senpi tersebut.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi melalui Kabag SDM Kompol Pujiningsih mengungkapkan ada sejumlah 70 anggota yang menjalani tes psikologi. Mereka berasal dari Perwira maupun Brigadir jajaran.

"Peserta kali ini yaitu seluruh personel baik Perwira maupun Brigadir Polres Tegal Kota,"katanya.

Menurut Kompol Pujiningsih, tujuan pemeriksaan tersebut salah satunya merupakan persyaratan kelayakan untuk mendapatkan ijin pengajuan inventaris senpi dinas. Selain itu, juga sebagai langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya pelanggaran bagi anggota Polri, 

"Ini juga untuk mencegah adanya anggota yang menggunakan senpi dinas menyimpang dari aturan,"tandasnya.

Pada test psikologi pemegang senpi, kata Kompol Pujiningsih, pihaknya memberikan penilaian terlebih dahulu kepada para peserta tes psikologi. Yakni, terkait sikap dan perilaku dalam pelaksanaan tugas sehari-sehari.

"Bagi anggota yang memiliki perilaku kurang disiplin atau punya tabiat yang kurang baik maka tidak kami ijinkan untuk memegang senjata api dinas,"tandasnya.

Nantinya, imbuh Kompol Pujiningsih, jajaran Polres Tegal Kota akan mengagendakan tes psikologi secara rutin. Dengan rentang waktu 6 bulan sekali.

"Tujuan, selain mencegah terjadinya pelanggaran terhadap penyalahgunaan senpi juga menjadi tolak ukur kelayakan bagi anggota yang akan memegang senpi dinas,"pungkasnya. ***

Sumber: