Siap Amankan Pemilu 2024, Polres Tegal Tegaskan Netralitas

Siap Amankan Pemilu 2024, Polres Tegal Tegaskan Netralitas

BERSAMA BUPATI- Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod SH SIK bersama Bupati Tegal dan jajaran Forkompinda bahas pengamanan tahapan Pemilu 2024.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK menegaskan bahwa Polres Tegal siap mengamankan semua tahapan pemilu 2024.

"Salah satunya kami sampaikan adalah menggelar pelatihan Sispamkota secara rutin. Dan kami juga akan menjunjung tinggi netralitas selama pelaksanaan pesta demokrasi," ungkap perwira asal Dukuhkrajan RSurabaya ini, Selasa 26 September 2023.

Kapolres menyinggung soal netralitas dalam Pemilu 2024 saat Rakor Forkompinda di Aula salah satu hotel di Guci, Bumijawa, Selasa 26 September 2023.

Kapolres menyatakan bahwa sudah ada regulasi atau aturan yang mengatur terkait netralitas personel Polri dalam Pemilu 2024. Dia menyebutkan, salah satu aturan yang mengatur netralitas personel Polri tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri.

BACA JUGA:Dalam Pemilu 2024, Pj Gubernur Minta ASN di Jateng Netral dan Tidak Bermain Politik Praktis

BACA JUGA:Polda Jateng Siap Amankan Pemilu 2024, Kapolda: Personel Sudah Paham dan Tak Mudah Terpancing Provokasi

Pada Pasal 28 ayat (1) yang berbunyi Polri bersikap netral dalam kehidupan politik tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. Ayat (2) berbunyi, anggota Polri tidak menggunakan hak memilih dan dipilih.

Sikap netralitas Polri sesuai Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002, ada juga di peraturan kapolri dan telegram arahan tentang netralitas saat Pemilu, Pileg dan Pilkada. Termasuk  dalam Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2022 yang merupakan gubahan dari dua peraturan kapolri (perkap), yakni Perkap Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri dan Perkap Nomor 19 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Komisi Kode Etik Polri.

Kapolres Tegal dalam gelar rakor Forkompinda jelang pelaksanaan Pemilu 2024 itu mengaku siap mengamankan semua tahapan Pemilu 2024.

"Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya  meningkatkan sinergitas dalam membangun Kabupaten Tegal yang kondusif pada seluruh aspek sesuai dengan tugas pokok, peranan dan fungsi baik pemerintah daerah, TNI maupun Polri sesuai dengan program, dan kebijakan tingkat pusat," ujarnya. 

BACA JUGA:Simulasi Pengamanan Pemilu 2024: Kantor KPU Kota Tegal 'Digeruduk' Warga

BACA JUGA:Amankan Pemilu 2024 dan Pilkades 2023, 272 Motor Dinas Jalani Harwat

Dalam kesempatan ini, Bupati  Tegal Umi Azizah menyatakan bahwa Pilkades dan Pemilu 2024 membutuhkan kinerja yang ekstra. Karena itu, pihaknya meminta untuk saling melakukan koordinasi dan kolaborasi secara maksimal.

Hal ini sebagai upaya  menjamin pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal berjalan dengan aman, lancar, kondusif yang mampu mendorong partisipasi masyarakat demi kemajuan Indonesia.

Sumber: radartegal.disway.id