Lalui Proses Panjang, Kota Tegal Kini Punya Sekda Definitif

Lalui Proses Panjang, Kota Tegal Kini Punya Sekda Definitif

Walikota Tegal melantik Sekda definitif--

RADAR TEGAL - Setelah melalui proses yang cukup panjang, Kota Tegal kini telah memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Itu, menyusul setelah Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono melantik drg. Agus Dwi Sulistyantono menjadi Sekda, Kamis 21 September 2023 siang.

Sebelum menjadi Sekda definitif, drg Agus Dwi Sulistyantono menjabat pejabat (Pj) dan saat ini masih menjadi direktur RSUD Kardinah. Sebelum dilantik, dirinya juga harus melalui proses seleksi yang cukup ketat.

Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengatakan proses seleksi jabatan Sekda, telah dilaksanakan sesuai mekanisme yang ada. Tentunya dengan melibatkan panitia seleksi, baik dari kalangan birokrat maupun profesional dan akademisi. 

"Setelah melalui berberapa tahapan seleksi, panitia seleksi telah merekomendasikan tiga calon Sekda untuk diteruskan mekanismenya. Yakni, melaui koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),"katanya.

Menurut Dedy Yon, pihaknya berharap penetapan Sekda definitif saat ini, dapat membantu menyelesaikan tugas-tugas Pemerintah Daerah ke depan. Karena Sekda punya peran yang sangat strategis dan penting.

"Sekda harus dapat menerjemahkan rencana strategis yang telah disusun dan menjabarkan secara konkrit dalam pelaksanaan tupoksi. Apalagi saat-saat ini adalah masa peralihan, 2024 nanti akan ada suasana politis yang mungkin tidak dapat diprediksi,"tandasnya.

Karenanya, Dedy Yon menekankan agar Sekda definitif dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan komitmen tinggi. Serta menjalankan tupoksi kita sebagai pelayan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Sekda definitif, drg Agus Dwi Sulistyantono usai dilantik mengatakan tugas Sekda salah satunya adalah membantu Walikota dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, mengkoordinasi OPD dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka masing-masing supaya bisa terjadi kolaborasi seperti core velue-nya Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Salah satunya adalah bagaimana menciptakan suasana yang berakhlak, yaitu berorientasi pada pelayanan, model akuntabel, model harmonis, loyal, kolaboratif dan adaptif sesuai yang diharapkan,"ujar Agus.

Karena itu, kata Agus, pihaknya berharap agar sinergitas antar OPD-OPD yang sudah luar biasa terus ditingkatkan. Sehingga, menjadikannya sebagai super team seperti pesan yang disampaikan Walikota.

"Bagaimana agar tidak menjadi super man, tetapi menjadi supper team,"ungkap Agus.

Agus menegaskan, dalam penyelenggaraan pemilu 2024 mendatang, ASN harus netral. Itu, sesuai dengan salah satu tugas Sekda definitif untuk menciptakan suasana yang harmonis, sesuai dengan apa yang menjadi target RPJMD Kota Tegal.

"Menciptakan iklim demokratis, disiplin bersih. Serta, tentu bagaimana mewujudkan Kota Tegal sebagai kota yang sejahtera,"jelasnya.

Agus menambahkan, dalam pesta demokrasi pihalnya akan bahu membahu merangkul bersama semua komponen. Itu adalah pesta demokrasi bukan pisau demokrasi. ***

Sumber: