Hyundai Stargazer X Punya Fitur Auto Ngerem Hindari Tabrakan dari Depan

Hyundai Stargazer X Punya Fitur Auto Ngerem Hindari Tabrakan dari Depan

Hyundai Stargazer X 2023 terbaru--

RADAR TEGAL – Sejak dilincurkan di ajang GIIAS Agustus 2023 lalu, Hyundai Stargazer X model terbaru kini mulai merambah ke seluruh pelosok tanah air. Kehadiran kendaraan tersebut digadang-gadang mampu bersaing dengan competitor lainnya yang sudah ada sebelumnya.

Desain kendaraan yang resmi mengaspal di Indonesia, disebut telah mengalami perubahan dari desain pendahulunya. Pada Hyundai Stargazer X keluaran terbaru ini, memiliki bodi yang lebih panjang dan besar.

Selain itu, desain interiornya juga mengalami perubahan. Salah satuya pada dashboard yang lebih elegan dan mewah. Fitur keselamatan yang tersematkan di dalamnya juga tidak kalah canggih, salah satunya yang mampu menghindarkan kendaraan ini dari tabrakan dari depan.

Spesifikasi Hyundai Stargazer X Terbaru

Prabrikan telah membekali kendaraan ini dengan mesin Sartstream G4F11 1.5 MPI Inline 4 Silinder DOHC. Dengan bekal mesin itu, mobil jenis low MPV ini akan mampu menghasilkan tenaga hingga 115 Ps per 6.300 rpm dan torsi 143.8 per 4.500 rpm.

Stargazer X terbaru ini kabarnya mampu menghemat penggunaan bahan bakar karena di dalamnya telah tertanam tekhnologi IVT (intelligent variable transmission). Selain itu, bobot mesin IVT lebih ringan dari pada mesin transmisi otomatis konvensional.

Fitur Berkendara Inovatif

Hyundai Stargazer X agaknya bakal memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman. Sebab, di dalamnya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memang sengaja dibuat untuk memanjakan pelanggan.

Fitur-fitur tersebut antara lain:

1. Fitur Cruise Control

Fitur ini memungkinkan kendaraan akan melaju dengan stabil. Pengemudi tidak perlu menginjak pedal akselerator secara berulang-ulang saat berkendara di jalan yang lengang.

2. Empat Mode Drive

Pada Stargazer terbaru ini, sudah tersematkan 4 mode drive yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan saat berkendara. Keempat mode drive tersebut yakni Smart, Eco, Comfort dan Sport.

Jika anda ingin menghemat penggunaan bahan bakar, maka anda bisa mengunakan mode eco. Kemudian saat anda ingin akselerasi dan performa lebih maksimal, anda bisa memilih menggunakan mode Sport.

3. Smart Keyless Entry dan Push Start Button

Dengan fitur ini, pemilik akan dapat menyalakan mesin dengan mudah. Sehingga, pengguna tidak perlu repot-repot tanpa memutar kunci saat menyalakan kendaraan.

4. Forward and Reverse Parking Distance Warning (PDW)

Hyundai Stargazer X telah dibekali dengan fitur Forward dan PDW. Di mana kendaraan ini akan mampu mendeteksi objek di depan mobil saat sedang parkir, sehingga akan memudahkan penggunanya dalam memarkir kendaraannya.

5. Outside Rear View Mirror

Pada Stargazer X ini, outside rear view mirrornya sudah elektrik. Sehingga akan mampu memudahkan pengendara dalam menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Fitur Canggih dan Performa Hyundai STARGAZER X yang Wajib Diketahui, Begini Speknya

6. Electric Parking Brake

Bagian ini akan mampu memudahkan pengendaraa saat melakukan penguncian atau pelepasan rem saat parkir.

7. Tire Pressure Monitoring System

Dengan fitur ini, akan dapat mencegah masalah ban dalam perjalanan. Karena, pengguna dapat melihat kondisi ban agar tetap prima.

8. Rear Disc Brake

Fitur ini akan dapat memberikan performa pengereman yang lebih baik. Selain itu, juga lebih tahan panas dalam waktu yang cukup panjang.

9. Fitur Entertainment

Bagian ini mungkin yang paling menarik perhatian para penggunanya. Sebab, paket multimedia sudah tertanam secara komplit di dalamnya.

Mulai dari TFT LCD Cluster berukuran 4,2 inci, Touch Display Audio 8 inci dengan USB Multimedia. Sehingga, memungkinkan dapat terhubung dengan berbagai media seperti Port, Bluetooth.

Kemudian adanya keberadaan Wireless Phone Connectivity memungkinkan perangkat dapat terhubung dengan smartphone android maupun Apple.

Belum lagi keberadaan B0SE premium audio system yang dengan 8 speaker. Sehingga, mampu memberikan suara yang berkualitas, jernih dan immersive.  

10. Pengisian Daya

Pabrikan telah membekali Hyundai Stargazer X ini dengan fitur pengisian daya. Bukan hanya pada bagian depan saja, sambungan untuk pengisian daya ponsel anda juga terdapat di baris ketiga mobil.

Sementara pada baris kedua, Hyundai Stargazer juga menyediakan 2 USB Charger. Bahkan, tekhnologi canggih pengisian daya juga tersematkan di sini.

Anda akan dapat melakukan pengisian daya tanpa kabel selama perjalanan. Sebab, di dalamnya memiliki opsi Wireless Charger.

Fitur Keselamatan Hyundai Stargazer X

Selain fitur-fitur tersebut, Stargazer terbaru ini juga memiliki fitur keselamatan yang cukup handal. Sehingga, mampu melakukan proteksi terhadap para penggunanya.

Fitur-fitur keselamatan yang dimaksud yakni sebagai berikut:

1 FCA (Forward Collision-Avoidance Assist)

Fitur yang tersematkan ini sengaja dirancang untuk memberikan peringatan kepada pengemudi adanya kendaraan dari depan. Sehingga, pengemudi dapat waspada dan mencegah terjadinya tabrakan dari depan karena jika memang diperlukan, akan melakukan pengereman secara otomatis.

2. DAW (Driver Attention Warning)

Dengan keberadaan fitur ini, Hyundai Stargazer X ini akan mampu mendeteksi tingkat fokus pengemudinya. Jika, pengemudi terlihat sudah mulai tidak fokus, maka sistem akan bekerja dengan memberikan peringatan agar pengemudi beristirahat sejenak.

3. LKA (Lane Keeping Assist) dan LFA (Lane Following Assist)

Fitur keselamatan ini mungkin baru terdapat di kendaraan terbaru dari Hyundai ini. Di mana, fitur ini akan dapat memandu pengemudi untuk tetap berada di jalur yang seharusnya.

Secara otomatis, sistem akan memberikan saran kepada pengemudi untuk tidak keluar dari jalur dengan melewati marka jalan. Sementara Fitur LFA akan bekerja dengan memastikan mobil tetap berada di tengah jalur.

Fitur ini berfungsi dengan baik dengan dukungan dan bantuan kamera depannya.

Baca Juga: Keren! Tahun Depan Hyundai Ioniq 5 Menggunakan Baterai Buatan Indonesia

4. BCA (Blind-Spot Collision-Avoidance Assist)

Dengan bekal fitur BCA akan membantu anda dalam untuk mengawasi titik buta di sekitar. Sehingga resiko bersenggolan dengan kendaraan lainnya dapat dikurangi.

5. Hyundai Bluelink

Para pengguna Hyundai Stargazer X terbaru ini juga dapat selalu terhubung dengan smartphonenya. Fitur ini telah tertanam di seluruh varian stargazer.

Anda dapat memanfaatkannya untuk menghidupkan atau mematikan mesin, mengetahui kondisi kendaraan saat ini, mengatur suhu, dan menyalakan klakson. Selain itu, juga saat mengunci atau membuka pintu, menyalakan dan mematikan lampu, hingga lokasi parkir kendaraan.

Eksterior Hyundai Stargazer X Terbaru

Berbeda dengan pendahulunya, kendaraan terbaru dari Hyundai ini sudah memiliki desain hood dan bumper yang khusus agar tampilannya semakin gagah. Kemudian pada bagian Roof Garnish dan Roof Spoiler Stargazer terbaru ini lebih menekankan pada aspek dinamis dan futuristis.

Hyundai Stargazer X terbaru ini memiliki ukuran yang lebih besar dari sebelumnya. Untuk ukuran panjangnya saja mencapai 4.495 mm dengan tinggi 1.710 mm dan lebar 1.815 mm.

Kemudian jarak sumbu antara roda depan dan belakang panjangnya 2,780 mm. Sementara ground clearance juga menjadi yang paling tinggi di kelasnya, yakni 200 mm.

Dengan jarak tersebut, kendaraan ini akan melaju dengan tetap andal meski melalui kontur jalan yang bergelombang dan berbatu. Selanjutnya, pada bagian velgnya juga ukurannya diperbesar menjadi 17 Inci.

Desain Interior

Beralih ke bagian interior, kendaraan terbaru ini menggunakan bahan kulit sintetis pada bagian joknya. Desain itu berpadu dengan hiasan list berwarna merah yang dapat memberikan kesan mewah dan elegan.

Kenyamanan berkendara tidak hanya bagi penumpang pada bagian depan saja. Dengan back seat table, memungkinkan penumpang di baris kedua juga bisa menikmatinya.

Pengguna juga akan semakin merasakan kenyamanan, karena menggunakan pendiring AC tipe double blower. Dengan begitu, kesejukan akan dapat penumpang bagian belakang rasakan.

Kesan mewah juga akan terlihat dengan adanya panel high glossy yang berada di bagian heater kontrol, fascia dan audio. Sementara lampu room bertekhnologi LED akan menampakan desain yang futuristik.

Hyundai Stargazer X ini memiliki 7 kursi yang memungkinkan akan mampu membawa anggota keluarga maupun teman. Pilihan captain seat di tiap tipenya menjadikannya lebih terkesan mewah.

Bagi penumpang di baris kedua, dapat menyandarkan tangannya dengan adanya armrest di samping kursi. Kenyamanan akan semakin bertambah dengan hanya mengatur posisi kursi yang adan duduki.

Tipe dan Harga Hyundai Stargazer Terbaru

Setidaknya ada 2 tipe Stargazer terbaru ini, yakni Style dan Prime dengan harga yang berbeda. Untuk type style harga yang ditawarkan Rp328,6 juta sementara Prime mencapai Rp 339,2 juta.

Hyundai Stargazer di Tegal

Para peminat Hyundai Stargazer terbaru yang tinggal di Kota Tegal dan sekitarnya, kini sudah bisa mendapatkan unitnya. Untuk mendapatkanmnya, peminat dapat melakukan pembayaran cash maupun kredit dengan berbagai platform.

Kepala Dealer Hyundai Tegal Septian Ricky Herisman mengatakan pihaknya sudah menyiapkan unit yang mencukupi untuk permintaan pelanggan di Kota Tegal dan sekitarnya. Ada beberapa keuntungan yang bisa pelanggan dapatkan.

“Desain Stargazer yang terbaru ini lebih manis dan elegan dari pada sebelumnya. Sehingga, kita optimis kendaraan ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat,”tandasnya.

Demikian spesifikasi Hyundai Stargazer X terbaru yang telah dilaunching pada Agustus 2023 lalu bertepatan dengan penyelenggaraan GIIAS 2023. ***

Sumber: