Melesat Tanpa Suara! Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik, Tenyata Bisa Membahayakan Pengendara Lain

Melesat Tanpa Suara! Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik, Tenyata Bisa Membahayakan Pengendara Lain

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik-Youtube | OTOMOTIF TV-

Kekurangan motor listrik

1. Motor listrik cenderung mahal

Motor listrik dengan kemampuan jarak tempuh jauh (long range), yang dapat mencapai hingga 100 Km, masih memiliki harga yang cukup tinggi saat ini. Harganya bisa melebihi Rp 25 juta, meskipun fiturnya relatif standar.

2. Stasiun pengisian daya listrik umum masih terbatas

Salah satu kekhawatiran pengguna motor listrik adalah tentang konsumsi baterai. Meskipun telah ada data tentang konsumsi dan kapasitas baterai, hal ini masih membuat beberapa pengendara merasa khawatir.

Terutama ketika Anda bepergian ke daerah terpencil yang belum memiliki Stasiun Pengisian Listrik Umum. 

Bahkan lebih lagi jika Anda menggunakan motor listrik dengan baterai yang tidak dapat diganti dan tidak ada stasiun penggantian baterai.

Selain itu, waktu pengisian ulang motor listrik membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama jika Anda menggunakan motor listrik dengan baterai tanam yang tidak dapat diganti.

3. Sparepart dan bengkel masih sangat jarang

Motor listrik masih menghadapi keterbatasan dalam hal sparepart dan jaringan bengkel. Hal ini dapat menjadi kendala ketika Anda memerlukan perawatan motor.

Tersedianya sparepart atau komponen juga masih terbatas. Bahkan dalam beberapa situasi, Anda mungkin perlu melakukan pemesanan khusus (indent) untuk mendapatkan sparepart yang diperlukan.

BACA JUGA:5 Fakta Honda EM1 e: dengan Teknologi Baterai Terbaru, Honda Mobile Power Pack e: (MPP e:)

BACA JUGA:Update September! Wuling New Confero S Semakin Gagah dengan Desain Terbaru, Berikut Spesifkasi dan Harga

4. Daya angkut terbatas

Kekurangan lain dari motor listrik adalah kemampuannya dalam membawa beban yang terbatas, terutama untuk motor dengan jangkauan (range) yang pendek.

Sumber: