Dear Warga Brebes, 8 Perusahaan Ini Butuh Ribuan Karyawan Baru Periode Juli-Desember, Buruan Daftar

Dear Warga Brebes, 8 Perusahaan Ini Butuh Ribuan Karyawan Baru Periode Juli-Desember, Buruan Daftar

Sejumlah pencari kerja saat membuat Surat Pencari Kerja di stand Dinperinaker yang ada di Mall Pelayanan Publik (MPP) Brebes, Senin 11 September 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sedikitnya depalan perusahaan yang ada di Brebes membuka rencana kebutuhan tenaga kerja untuk periode Juli-Desember 2023. Kebutuhan tenaga kerja ini sebanyak di delapan perusahaan itu 7.997 orang dan paling banyak pabrik membutuhkan tenaga kerja perempuan.

“Data dari kami, hingga Desember mendatang total ada delapan pabrik yang membuka lowongan kerja dengan jumlah keseluruhan mencapai 7.997 orang,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Brebes, Warsito Eko Putro, Senin 11 September 2023.

Ke depalan perusahaan itu, kata Eko, PT Bintang Indokarya Gemilang (BIG) total membuka lowongan kerja periode Juli-Desember sebanyak 2.440 orang. Dengan rincian, 1.817 pekerja perempuan dan 633 laki-laki.

Kemudian PT Ruber Pan Java, di periode yang sama perusahaan tersebut membutuhkan 800 pekerja. Namun, dari total itu dikhususkan bagi perempuan.

Selanjutnya, PT Mitra Emas Lestar hanya membuka lowongan sebanyak 200 orang. Dengan peruntukan wanita. PT Tah Sung Hung membuka lowongan sebanyak 300 orang. Dengan rincian 225 perempuan dan 75 laki-laki.

PT Global Busana Internasional membuka lowongan kerja di periode yang sama sebanyak 880 orang. Dengan rincian 630 perempuan dan 250 untuk laki-laki.

PT Daehan Global membuka lowongan kerja diperiode Juli-Desember sebanyak 2.650 pekerja. Dengan rincian 1.700 pekerja wanita dan 950 laki-laki.

PT AAE Outdor Indonesia membuka lowongan pekrja di periode yang sama sebanyak 357 orang. Dengan rincian 283 perempuan dan 64 untuk laki-laki.

Dan terakhir ada PT Winner Garment Indonesia membuka lowongan pekerja sebanyak 800 orang. Semuanya khusus untuk perempuan.

Sebelumnya, kebanyakan orang yang membuat kartu pencari kerja selain untuk mendaftar di pabrik yang ada di Brebes juga mereka untuk melamar di luar daerah, seperti di Jawa Barat dan Jakarta.

“Banyak dari mereka yang membuat kartu pencari kerja, selain untuk melamar kerja di Brebes ada juga yang untuk melamar kerja di Jakarta, Cikarang, Bekasi dan lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kurun waktu setengah tahun atau periode Januari-Juni 2023 Dinperinaker Brebes mencatat ada 13.111 para pencari kerja (Pencaker). Kebanyakan warga yang mencari pekerjaan dari catatan pembuatan kartu AK-1 atau kartu kuning adalah perempuan.***

Sumber: