Sepekan Operasi Zebra 2023, 54 Pengendara Kena Tilang dan 134 Lainnya Ditegur

Sepekan Operasi Zebra 2023, 54 Pengendara Kena Tilang dan 134 Lainnya Ditegur

Penindakan knalpot brong dalam Operasi Zebra Candi 2023 di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Gelaran Operasi Zebra Candi 2023 telah berlangsung selama sepekan. Selama itu, ratusan pengendara kendaraan bermotor di Kota Tegal mendapatkan sanksi tilang dan teguran.

Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Mustakim mengatakan dalam sepekan Operasi Zebra Candi 2023, pihaknya telah menindak sebanyak 188 pelanggar. Itu, terdiri dari 54 pelanggar yang kena tilang dan 134 lainnya mendapatkan teguran.

"Dari sekian pelanggaran salah satunya kendaraan yang menggunakan knalpot brong,"tandasnya.

Menurut AKP Mustakim, sebagian besar pengendaranya masih berusia remaja. Selain tilang, para pelanggar juga diminta mengganti dengan knalpot yang standar.

"Kita akan terus menggencarkan penindakan terhadap knalpot brong. Sebab banyak pengaduan dari masyarakat yang merasa terganggu,"tandasnya.

AKP Mustakim menegaskan pihaknya akan menindak tegas para pengendara bermotor yang berknalpot brong. Selain itu, juga akan mengimbanginya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. 

"Utamanya para remaja atau pelajar sekolah menengah. Untuk itu, melalui Operasi Zebra Candi 2023 ini kita gencarkan sosialisasi tentang tertib berlalu lintas,"tegasnya.

Menurut Kasat Lantas para pelajar itu masih sangat rentan. Sehingga, sasaran prioritas sosialisasi dengan cara mendatangi langsung ke sekolah-sekolah.

"Kami juga terus melaksanakan sosialisasi tentang peraturan berlalu lintas maupun larangan knalpot brong. Karena suaranya sangat bising dan mengganggu ketertiban umum,"tandasnya. 

Kasatlantas menambahkan penindakan knalpot brong, pihaknya lakukan sebagai upaya menjaga ketertiban umum. Terlebih saat ini sedang berlaku Operasi Zebra Candi 2023 dan menjelang penggelaran Operasi mantap Brata 2023 - 2024.

"Ini sekaligus sebagai langkah antisipasi kerawanan dan kericuhan yang dapat timbul dengan adanya kendaraan berknalpot brong,"tandasnya. ***

Sumber: