Inovatif! Integrasi Computational Thinking Diajarkan ke Puluhan SD di Kabupaten Tegal

Inovatif! Integrasi Computational Thinking Diajarkan ke Puluhan SD di Kabupaten Tegal

PELATIHAN - Sejumlah pemateri dari dosen Unnes saat memberikan pelatihan computational thinking kepada puluhan guru SD Negeri di Kecamatan Talang yang dipusatkan di SDN Talang 02 Kabupaten Tegal, Jumat 8 September 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Integrasi computational thinking atau berpikir secara komputational diajarkan ke puluhan guru SD Negeri di Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Selama dua hari, Jumat 8 September 2023 hingga Sabtu 9 September 2023, pelatihan digelar di SDN Talang 02.

Pelatihan computational thinking ini menghadirkan pemateri dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Semarang (Unnes). Pelatihan ini dinilai sangat bermanfaat untuk para guru.

Utamanya bagi guru kelas IV SD Negeri di wilayah Kecamatan Talang. Diharapkan, pelatihan ini dapat bermanfaat dan ilmunya bisa diimplementasikan di sekolahnya masing-masing.

Hal ini seperti disampaikan Koordinator Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Wilayah Kecamatan Talang Rosyidin yang menyambut baik pelatihan computational thinking.

BACA JUGA:Siapkan Smart ASN, Pemkab Tegal Gelar Pelatihan Government Transformation Academy

BACA JUGA:Tingkatkan Kapasitas Pegawai, BI Tegal Gelar Pelatihan Penanganan Kebakaran

"Ini sangat inovatif," kata Royidin, saat membuka pelatihan computational thinking tersebut.

Dosen Unnes Dr Dra Noening Andrijati M.Pd, salah satu pemateri dalam pelatihan itu menjelaskan, computational thinking atau berpikir komputational adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer atau informatika.

Dia menyebut, pelatihan computational thinking  ini diikuti sedikitnya 42 guru SD Negeri di wilayah Kecamatan Talang. Tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan pemahaman guru tentang hakikat computational thinking. 

Termasuk juga untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun atau mengembangkan soal computational thingking.

BACA JUGA:Begini Pesan Bupati Tegal untuk 1.453 Guru Honorer yang Diangkat PPPK 2023 Saat Gelar Syukuran

BACA JUGA:1.453 Guru Honorer di Kabupaten Tegal Diangkat PPPK, Nazar Santuni Yatim Piatu Dipenuhi

"Jadi kegiatan ini merupakan pengabdian kami kepada masyarakat," kata Noening Andrijati, yang juga sebagai ketua tim dalam kegiatan tersebut.

Saat memberikan materi pelatihan, Noening tidak sendiri. Dia juga didampingi tiga orang anggotanya yang juga sebagai dosen Unnes. 

Sumber: radartegal.disway.id