Ribuan Massa Gruduk KPT Brebes, Kira-kira Ada Apanya?

Ribuan Massa Gruduk KPT Brebes, Kira-kira Ada Apanya?

Anggota Polisi saat melakukan Simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) wilayah Rayonisasi Pekalongan Raya guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas pasca tahapan Pemilu 2024 mendatang di lingkungan KPT Brebes, Rabu 6 September 2023.(dok. Humas Polres Bre--

RADAR TEGAL - Ribuan massa dari berbagai elemen masyarakat mendatangi Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Rabu 6 September 2023. Mereka datang untuk menyampaikan aspirasinya kepada Bupati Brebes terkait permintaan hasil Pemilu yang dianggap ada kecurangan. 

Selain mendatangi KPT Brebes, massa juga mendatangi Kantor KPU dan Bawaslu Brebes. Bahkan, ribuan massa yang terbakar emosi melakukan perusakan dan pembakaran sejumlah aset milik pemerintah serta aksi anarkis lainya.

Namun, aksi mereka berhasil dihalau oleh ribuan personel Pengendalian Massa (Dalmas) gabungan Polri dibantu TNI dan Dinas terkait lainnya.

Kejadian tersebut terlihat dalam adegan Simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) wilayah Rayonisasi Pekalongan Raya guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas pasca tahapan Pemilu 2024 mendatang. Di mana, acara tersebut digelar di halaman KPT Kabupaten Brebes, Rabu 6 September 2023.

Kegiatan tersebut melibatkan ribuan personel TNI dan Polri dari tujuh kabupaten/kota eks Wil Pekalongan. Ini tidak lain untuk meningkatkan kesiapsiagaan anggota TNI Polri dan pihak terkait lainnya dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas dan pengamanan tahapan Pemilu 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Irwasda Polda Jawa Tengah Brigjen Pol Drs Untung Sudiarto, Danrem Wijayakusuma Kolonel Czi Andi Kusuma, para pejabat Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro serta para Kapolres se Eks Wil Pekalongan.

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi yang diwakili oleh Irwasda Brigjen Pol Drs Untung Sudiarto usai simulasi mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk kesiapan dan sinergitas antara TNI Polri di wilayah Pekalongan Raya dalam rangka menghadapi situasi Kamtibmas selama tahapan Pemilu 2024.

Sebelum kegiatan simulasi digelar, juga dilaksanakan penandatanganan antara Polri dan TNI yang diwakili oleh Kaporesta Pekalongan dengan Danrem Wijayakusuma tentang SOP Perbantuan Pasukan dalam Sispamkota yang disaksikan oleh pejabat Polda Jawa Tengah.***

Sumber: