Perlunya Gandeng Generasi Muda untuk Jadi Enterpeneur

Perlunya Gandeng Generasi Muda untuk Jadi Enterpeneur

Ribuan generasi muda mengikuti Seminar Nasional Enterpreneur dan Pemuda Mandiri di Islamic Center, Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) Jawa Tengah (Jateng) merangkul generasi muda Brebes untuk menjadi enterpeneur. Ini sebagai salah satu elemen penting dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin melalui Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Moh Furqon Amperawan mengatakan, pengusaha merupakan pilar ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana yang terlihat dalam perkembangan negara-negara maju. Karenanya , Wimunus diharapkan bisa menjadi mitra pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja, serta membangun ekonomi daerah.

"Rangkul, ajak, semangati generasi muda Brebes agar memiliki jiwa enterpreneur demi masa depan yang lebih baik," ungkapnya.

Dia menjelaskan, pengusaha muda yang tergabung dalam wadah Wimnus memiliki jaringan, pengetahuan dan modal yang kuat. Utamanya modal semangat berusaha menjadi enterpreneur sejati.

Karenanya, bisa diharapkan dapat segenap potensi yang dimilikinya untuk membantu memajukan generasi muda, masyarakat dan khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mengingat UMKM sebagai usaha penopang ekonomi kerakyatan yang tengah tumbuh pesat dan menggeliat saat ini.

"Kontribusi Wimnus sangat dinantikan bagi masyarakat, terutama kepada generasi muda dalam pengembangan kewirausahaan, maupun dalam mencetak entrepreneur muda," jelasnya.

"Apalagi, Kabupaten Brebes dengan jumlah penduduk terbanyak di Jawa Tengah, lebih kurang 2 juta jiwa, tentu menyimpan potensi serta bakat besar di bidang wirausaha," lanjutnya.

Ketua DPD Wimnus Jateng Slamet Muridan menjelaskan, tujuan seminar sebagai upaya recovery next normal bagi pelajar dan pemuda Brebes supaya mandiri, mampu berorganisasi, lebih produktif dan mau berwirausaha serta bersemangat melanjutkan kuliah. 

Seminar diikuti 1100 peserta perwakilan dari pelajar SMA, SMK, MA, Mahasiswa dan pemuda Brebres. Sebagai narasumber enterpreneur nasional Syafii Efendi MM yang juga ketua Satgas Anti Narkoba Nasional dan Presiden Organisasi Kepemudaan Islam Indonesia.

"Kadang angan-angan lebih tinggi ketimbang kenyataan hidup yang harus dijalani. Untuk itu, perlu dilakukan langkah strategis untuk bisa meraih mimpi. Karena mimpi bukanlah dosa," imbuhnya.***

Sumber: