4 Mitos Burung Perkutut, Ada Pertanda Datangnya Rezeki yang Melimpah

4 Mitos Burung Perkutut, Ada Pertanda Datangnya Rezeki yang Melimpah

mitos burung perkutut--

RADAR TEGALMitos burung perkutut, hingga saat ini masih berkembang di kalangan masyarakat, terutama masyarakat Jawa. Banyak yang mempercayai jika salah satu jenis burung lokal ini memiliki hubungan dengan hal-hal mistis.

Sebagian besar masyarakat Jawa masih cukup percaya jika ada pertanda tertentu yang dibawa burung ini. Mitos burung perkutut ini tidak hanya pada ciri tertentu pada tubuhnya atau yang disebut katuranggan.

Burung ini dipercaya membawa pertanda hal-hal yang akan terjadi di masa mendatang yang dia tunjukan melalui perilakunya. Ada kalanya pertanda yang dibawanya merupakan pertanda datangnya hal-hal baik, namun terkadang juga pertanda buruk.

Berikut ini kami sajikan beberapa mitos soal burung perkutut yang berkembang di masyarakat yang masih berkembang hingga saat ini.

1. Mitos Burung Perkutut Mati Tanpa Sebab

Menurut sebagian orang, saat memelihara burung dan mati, mungkin itu merupakan hal yang lumrah. Penyebabnya karena banyak faktor, bisa saja karena sakit, sudah tua atau sebab lainnya.

Namun, ada sebagian orang yang percaya jika burung peliharaannya mati tanpa sebab merupakan sebuah pertanda. Apalagi, burung yang mati tersebut adalah burung perkutut.

Bagi yang sangat percaya, tentunya akan meyakini jika burung itu mati secara mendadak ada pertanda buruk yang akan terjadi di masa mendatang. Konon, jika hal itu terjadi, maka yang memeliharanya bakal terkena nasib sial.

Karenanya, mereka yang percaya mitos burung perkutut akan melakukan beberapa hal sebagai upaya untuk menolak bala. Tujuannya, agar mereka tidak terkena nasib sial yang akan terjadi.

Mitosnya, jika mendapati hal seperti itu, maka pemilik harus menggantinya dengan membeli burung perkutut 2 ekor. Satu ekor harus dilepas dan sisanya dipelihara.

Melalui cara itu, mereka berharap tidak akan terkena nasib sial di kemudian hari. Salah satunya dengan melakukan ritual tersebut.

2. Perkutut yang Tidak Tenang dalam Sangkar

 

Pertanda buruk lainnya yang ditunjukan burung perkutut adalah dengan bersikap tidak tenang. Burung terlihat seperti stress dan gelisah sehingga kerap menabrakan diri ke sangkarnya.

Mitos yang ada, jika burung perkutut berperilaku seperti ini, maka bakal ada marabahaya atau kejadian buruk yang akan menimpa sang pemilik. Karenanya, pemilik akan lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitasnya dan lebih waspada.

Sumber: