Kades dan Lurah di Brebes Digembleng Tertib Administrasi Arsip

Kades dan Lurah di Brebes Digembleng Tertib Administrasi Arsip

297 kades dan lurah di Brebes mengikuti kegiatan tertib arsip dan sejarah desa dalam rangka transformasi digital di Aula Lantai 5 Kantor Pemerintahan Terpadu, Rabu 30 Agustus 2023.(istimewa )--

RADAR TEGAL - 297 kepala desa dan lurah di Kabuapten Brebes digembleng terkait optimalisSi dalam tertib beradministrasi arsip di Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Rabu 30 Agustus 2023.

Ratusan kades dan lurah itu mengikuti kehiatan tertib arsip dan sejarah desa dalam rangka transformasi digital di Aula Lantai 5 Kantor Pemerintahan Terpadu, Rabu (30/8). 

Hadir sebagai narasumber, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Imam Gunarto. Kemudian, Anggota Komisi II DPR RI Agung Widyantoro. Direktur Kearsipan Daerah II Suminarsih. 

Kemudian, Kegiatan tersebut, difasilitasi Biro Umum ANRI dengan menggelar Rapat Evaluasi Penggunaan dan implementasi Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi).

Hadir juga Pj Buapti Brebes Urip Sihabudin, Sekda Brebes Djoko Gunawan dan Kepala OPD di lingkungan Kabupaten Brebes.

Dalam paparannya, Agung menyebut hingga saat ini masih ada instansi pemerintah yang belum tertib administrasi arsip. Bahkan, pemanfaatan aplikasi SRIKANDI harapannya menjadi solusi dari masalah-masalah yang sudah diidentifikasi. Termasuk, mengaktualisasikan solusi dan mendorong semua OPD dan Pemerintahan Desa menggunakan aplikasi SRIKANDI. 

"Aplikasi SRIKANDI, bertujuan menjalankan operasionalisasi, pemeliharaan, dan pengembangan dalam penyusunan hingga pemberkasan arsip. Sehingga, semua penggunaan aplikasi SRIKANDI diharapkan dapat meningkatkan kualitas penerapan aplikasi ini di lingkungan Pemkab hingga Pemerintahan Desa agar tertib administrasi," jelasnya.

Sementara itu, PJ Bupati Brebes Urip Sihabudin menyatakan, pihaknya bakal terus mendorong agar optimalisasi penggunaan aplikasi SRIKANDI dalam penataan arsip. Dengan begitu, administrasi arsip dan tata kelolanya lebih tertib di lingkungan Pemkab Brebes.

"Setelah hasil penjabaran dari semua narasumber, kami akan terus mendongkrak pemanfaatan aplikasi SRIKANDI. Sehingga, semua tersimpan dalam aplikasi digital itu," pungkasnya.***

Sumber: