Candi Bangkal Konon Simpan Harta Karun Sungai Brantas, Ini 3 Asal-usul Hartanya

Candi Bangkal Konon Simpan Harta Karun Sungai Brantas, Ini 3 Asal-usul Hartanya

Konon Emas, Uang, dan Pusaka Kuno Sungai Brantas Tersimpan di Candi Bangkal--

Di masa kolonial, kapal VOC pun dikabarkan pernah tenggelam di sungai ini. Sebagai urat nadi perekonomian di masa klasik, maklum jika sungai ini menjadi lokasi kapal rusak dan jatuhnya harta saudagar. 

Karena itu, ada beberapa orang yang hobi menyelam di sungai ini demi memburu kepingan emas, uang, hingga artefak kuno, terkadang juga bangkai perahu.

BACA JUGA:5 Fakta Unik Pembuatan Senjata Tradisional Keris, yang Pertama Bikin Melongo

3. Upacara larung pusaka di Sungai Brantas

Harta karun yang paling sering ditemukan di dasar Sungai Brantas adalah keris, tombak, dan berbagai senjata lainnya. 

Penggiat budaya Kediri berpendapat bahwa banyaknya keris juga disebabkan adanya upacara larung pusaka di Sungai Brantas.

Keris-keris itu biasanya dilarung karena rusak, tidak berjodoh dengan pemiliknya, atau sekedar dibuang karena pewarisnya tidak ingin merawat. 

BACA JUGA:Mitos Sungai Serayu dan Candi Semar di Pegunungan Dieng Wonosobo, Lekat dengan Arsitektur India

Bolehkah berburu harta karun Sungai Brantas? 

Meskipun diperbolehkan berburu harta karun di sungai, berdasar UU Cagar Budaya tahun 2010, pencarian artefak harus disertai izin dari pihak berwenang, yakni Dinas Kebudayaan.

Setiap temuan yang diduga cagar budaya, wajib dilaporkan ke instansi yang berwenang di bidang kebudayaan, kepolisian, atau instansi terkait. 

Namun, jika pemerintah sudah punya banyak artefak dengan jenis dan nilai yang sama, maka benda cagar budaya boleh dimiliki oleh penemunya, selama dilaporkan terlebih dahulu untuk didata.

Demikian, informasi mengenai Candi Bangkal yang katanya menyimpan harta karun Sungai Brantas. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu tentang fakta unik candi-candi di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa.***

Sumber: youtube asisi channel