Puncak Hapernas, Dinperwaskim Brebes Tanam Puluhan Pohon di Rusunawa

Puncak Hapernas, Dinperwaskim Brebes Tanam Puluhan Pohon di Rusunawa

Peringati Hapernas ke-15 Dinperwaskim Brebes melakukan aksi penanaman di Rusunawa, Jumat 25 Agustus 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Puncak Hari Perumahan Nasional (Hapernas) di Kabupaten Brebes dilaksanakan di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), Kelurahan Limbangan Wetan, Jumat 25 Agustus 2023. Dalam puncak Hapernas, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan dan Pemukiman (Dinperwaskim) Kabupaten Brebes menanam 30 pohon di halaman Rusunawa.

Kepala Dinperwaskim Brebes Sutrisno mengatakan, aksi penanaman pohon di rusunawa tersebut agar dapat meningkatkan kepedulian penghuni rusunawa dalam menghijaukan area rusun. Sehingga lingkungannya akan terlihat lebih asri dan nyaman.

"Berbagai pohon buah-buahan tadi kita tanam di lingkungan rusunawa. Ini bertujuan untuk menjaga agar lingkungannya tetap hijau dan asri," ujarnya.

Selain itu, nantinya pohon buah-buahan berjenis alpukat, mangga, nangka dan kelengkeng bisa dimanfaatkan oleh penghuni rusunawa.

Selain di rusunawa, pihaknya juga meminta kepada para pengembang perumahan yang ada di Kabupaten Brebes, untuk sama-sama melakukan penanaman pohon. Hal ini sesuai dengan aturan Kemen PUPR Tahun 2021. Di mana pihak pengembang perumahan harus melakukan penanaman pohon jenis buah-buahan.

"Bagi pengembang perumahan wajib menanam pohon, karena di komplek perumahan harus ada tanaman pohon berupa buah-buahan. Apalagi setiap perumahan harus memiliki ruang terbuka hijau," pungkasnya.***

Sumber: