Kekeringan, 300an Ribu Liter Air Di Dropping

Kekeringan, 300an Ribu Liter Air Di Dropping

BPBD Brebes saat menyalurkan bantuan air bersih ke warga yang mengalami kekeringan.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 300an ribu air bersih disalurkan kebeberapa titik di Kabupaten Brebes yang alami kekeringan. Ratusan ribu liter air bersih yang disalurkan tersebut merupakan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes.

"Total hingga Agustus ini sudah ada puluhan truk tangki air bersih yang kita droping ke desa yang alami kekeringan," ungkap Kepala BPBD Brebes Nursy Mansur, Kamis, 24 Agustus 2023.

Nursy menjelaskan, dari puluhan truk tangki yang mendroping air bersih total sudah ada 300an ribu liter air bersih yang disalurkan. Hal ini lantaran, kata dia, musim kemarau tahun ini banyak wilayah yang kekeringan.

"Dibanding tahun lalu pas Covid-19, kami tidak sampai mendroping air bersih. Tapi, kemarau ini kita sudah menyalurkan air bersih ke desa yang terdampak kekeringan," jelasnya.

Kekeringan di Brebes, lanjutnya, faktor salah satunya yakni karena imbs El-Nino. Sehingga, ada sejumlah desa di beberapa kecamatan alami kemeringan.

"Desa yang mengalami kekeringan menyebar dibeberapa kecamatan. Seperti, Banjarharjo, Bantarkawung, Bumiayu dan lainnya," pungkasnya.

Sumber: