2 Mitos Sabdo Palon di Candi Cetho, Betulkah Menagih Janjinya di Sini?

2 Mitos Sabdo Palon di Candi Cetho, Betulkah Menagih Janjinya di Sini?

Arca Perwujudan Sabdo Palon di Candi Cetho--

Bagi yang tidak mau menerima agama Buddhi, akan ia hancurkan. Janji inilah yang menyebabkan sosok Sabdo Palon begitu terkenal di kalangan masyarakat Jawa.

BACA JUGA:3 Relief Candi Jago Konon Jadi Bukti Tertua Keberadaan Semar, Benarkah?

2. Sabdo Palon jaga pesanggrahan Brawijaya

Candi ini diyakini sebagai tempat pesanggrahan Prabu Brawijaya, dengan pelataran yang dijaga oleh arca Sabdo Palon dan Naya Genggong.

Kedua arca perwujudan dari abdi setianya tersebut berada di teras kesembilan. Konon, arca Sabdo Palon ini muncul secara tiba-tiba di candi pada tahun 1975.

Sementara itu, teras kesepuluh dianggap sebagai pesanggrahan Prabu Brawijaya, dan terdapat arca perwujudannya.

BACA JUGA:4 Candi di Gunung Kidul Ini Konon Tempat Pelarian Brawijaya, Benarkah?

Benarkah arca Sabdo Palon ada? 

Kehistorisan Sabdo Palon, Naya Genggong,  dan Brawijaya, hingga saat ini masih diragukan karena hanya bersumber dari, non-primer, seperti Babad Tanah Jawi dan Serat Darmogandul. 

Arca Sabdo Palon dan Naya Genggong sebenarnya dipindahkan dari posisi awalnya dan tiba-tiba dimunculkan di teras kesembilan sejak tahun 1975.

Arca Brawijaya di teras kesepuluh candi ini pun sebenarnya diambilkan dari Siwa Mahadewa di salah satu teras terbawah. 

Pemindahan itu terjadi karena candi ini dibangun ulang oleh seorang penasihat spiritual Orde Baru, tanpa menghiraukan kaidah-kaidah arkeologis, pada sekitar tahun 1975 - 1976.

Karena itu, hasilnya berbeda dengan dokumentasi Belanda saat dilaporkan pertama kali oleh Van de Vlies tahun 1842 dan dipugar oleh Dinas Purbakala Hindia-Belanda. 

Demikian, informasi mengenai Candi Cetho yang konon dipercaya sebagai tempat Sabdo Palon menagih janjinya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu tentang mitos dan kisah mistis di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa.***

Sumber: youtube asisi channel