Pascasarjana UPS Tegal Unggulkan Program Internasionalisasi

Pascasarjana UPS Tegal Unggulkan Program Internasionalisasi

Program Pascasarjana UPS Tegal menggelar rapat kerja, Sabtu 19 Agustus 2023 lalu.--

RADAR TEGAL - Program Pascasarjana Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menggelar rapat kerja (raker), Sabtu 19 Agustus 2023. Tema yang diketengahkan adalah "Peningkatan Pejabat Struktural sebagai Wujud Penguatan Program Kerja Rektor Periode 2021-2025".

Raker yang digelar di Aula Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal itu diikuti segenap jajaran civitas dari Prodi Pedagogi, Magister Managemen, dan Magister Ilmu Hukum. Direktur Program Pascasarja, Prof. Dr. Siti Hartinah mengatakan raker adalah program kerja tahunan.

Selama ini, papar Hartinah, program Pascasarjana UPS Tegal tersebut telah terlaksana, baik yang sudah berjalan maupun yang akan dilaksanakan. Selain itu juga mendengarkan laporan kinerja satu tahun ke depan terhadap pejabat yang baru.

Antara lain Dr Gunistyo MM (Kaprodi Magister Managemen), Dr. Suriswo (Kaprodi Pedagogi), dan Dr. Erwin (Kaprodi Magister Ilmu Hukum). "Kira-kira lembaga Pascasarjana ini mau dibawa ke mana. Apalagi ini dalam rangka tugas 3 agenda rektor UPS Tegal, salah satunya Internasionalisasi."

Program unggulan

Menurut Hartinah, Internasionalisasi merupakan unggulan dalam program Pascasarjana UPS Tegal. Apalagi pada pertengahan September mendatang, akan ada transfer kredit mahasiswa dari Uzbekistan dan Mesir.

Kedua mahasiswa dari kedua negara asing itu akan bergabung mengikuti mata kuliah online bersama prodi Magister Managemen. "Ini akan dilihat kesiapan dari Prodi MM sampai di mana? Apalagi mau kedatangan mahasiswa asing," ungkap Hartinah.

Hartinah menjelaskan program professor go to school, professor go to government, dan professor go to community Pascasarjana UPS Tegal juga akan terus digalakan. Program tersebut intinya bahwa menjadi dosen itu jangan hanya di kampus terus.

"Tetapi juga harus keluar kampus supaya tahu dunia luar," beber Hartinah.

Program Pascasarjana UPS Tegal sendiri mempunyai visi "Menjadi program Pascasarjana pengembang literasi, riset dan bermitra global tahun 2028".

Misi Pascasarjana UPS Tegal

1. Mendorong pendidikan dan pengajaran secara profesional dan berkualitas berbasis literasi riset.

2. Mendorong penelitian yang unggul dan kompetitif di bidang sains.

3. Mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEK  dengan pendekatan interdisiplin untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Sumber: