Tak Hanya Air Pipisnya yang Jadi Sungai Serayu, Bima Juga Potong Puncak Gunung Slamet Jadi Gunung Ciremai

Tak Hanya Air Pipisnya yang Jadi Sungai Serayu, Bima Juga Potong Puncak Gunung Slamet Jadi Gunung Ciremai

Puncak Gunung Slamet sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah menjadi tantangan bagi para pendaki untuk mencapainya.--

RADAR TEGAL - Gunung Slamet di Jawa Tengah dan Ciremai di Jawa Barat, konon mempunyai kekerabatan yang kental. Karena konon Gunung Ciremai merupakan puncak Gunung Slamet yang terpotong. 

Itulah kenapa kedua gunung itu mempunya legenda dan sejarah sebagai saudara, yang mempunyai jejak mitos yang kental. Apalagi hampir mayoritas gunung di Pulau Jawa dikenal memiliki kisah dan ceritanya sendiri-sendiri.

Ihwal mitos Gunung Ciremai merupakan potongan puncak Gunung Slamet memang banyak berkembang di masyarakat sekitar dua kawasan gunung tersebut. Cerita itupun melegenda secara turun temurun hingga sekarang.

Dua gunung tersebut merupakan gunung tertinggi di daerahnya masing-masing. Dari cerita yang berkembang, kedua gunung pun sama-sama memiliki aura mistis yang sangat kental dan menyimpan mitologi yang sama seramnya.

BACA JUGA:Pos Samarantu Gunung Slamet Mitosnya Pintu Gerbang ke Kerajaan Gaib, Pendaki Harus Waspada Tingkat Dewa

Potongan puncak Gunung Slamet 

Berdasarkan cerita dan kisah yang dituturkan masyarakat di sekitar Gunung Slamet, legenda  Gunung Slamet juga kerap dijadikan cerita dunia pewayangan. Konon saking tingginya, gunung di Jawa Tengah itu sampai menembus lapisan langit.

Sehingga puncak Gunung Slamet tersebut bisa terlihat dari luar pulau dan negeri yang jauh di seberang. Hingga kemudian pada suatu saat, sang Pangeran Bima alisa Werkudara dari Pandawa Lima tak sengaja memangkasnya.

Tak tanggung-tanggung, Bima yang dikenal mempunyai badan tinggi besar seperti raksasa, memotong hingga setengah badan gunung, hingga tampak seperti saat ini. Peristiwa itu terjadi saat Bima tengah adu tanding kesaktian.

Saat itu Bima sedang bertempur menghadapi perlawanan Raja Siluman Gajah. Keduanya sama-sama kuat dan memiliki kesaktian yang sepadan, sehingga pertarungan pun berlangsung sengit dan lama.

BACA JUGA:6 Misteri Gunung Slamet, Ada Gerbang Gaib yang Mitosnya Jika Memasukinya Tak Akan Bisa Pulang Lagi

Bima yang mempunyai kekuatan luar biasa sampai terdesak dalam pertarungan tersebut. Melihat kakaknya hampir kalah, Arjuna lalu memberikan saran agar Bima segera mengeluarkan pusaka andalannya.

Bima pun mendengarkan saran adiknya, dan dengan pusakanya itu dia lalu menyerang menyerang Raja Siluman Gajah dengan membabi buta. Ternyata serangan Bima tak hanya menewaskan Raja Siluman Gajah, tapi tanpa sengaja mengenai puncak Gunung Slamet sampai terpotong menjadi dua.

Gunung Ciremai adik Gunung Slamet

Sumber: