Pos Samarantu Gunung Slamet Mitosnya Pintu Gerbang ke Kerajaan Gaib, Pendaki Harus Waspada Tingkat Dewa

Pos Samarantu Gunung Slamet Mitosnya Pintu Gerbang ke Kerajaan Gaib, Pendaki Harus Waspada Tingkat Dewa

Pos Samarantu di Gunung Slamet dikenal sebagai Pos 4 jalur pendakian yang kental dengan aura mistisnya, sehingga jarang dijadikan tempat beristirahat para pendaki.--

RADAR TEGAL - Hampir semua gunung di Indonesia mempunyai mitos dan legendanya masing-masing. Misalnya dengan keberadaan Pos Samarantu Gunung Slamet di Jawa Tengah.

Gunung Slamet memang dikenal sebagai kawasan yang kaya dengan hal-hal mistis. Itulah sebabnya banyak yang harus diperhatikan pendaki saat mendaki menuju ke puncaknya.

Gunung yang berada di wilayah lima kabupaten di Jawa Tengah itu, merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa. Bahkan Gunung Slamet bersuhu rata-rata paling dingin di Pulau Jawa.

Dari berbagai catatan, curah hujan tahunan di gunung ini paling tinggi di Indonesia yaitu 8.134,00 milimeter (mm) per tahun. Saking berartinya, Jayabaya bahkan meramal Pulau Jawa akan terbelah dua, jika gunung tertinggi di Jawa Tengah ini meletus.

Itulah yang membuat para pendaki memfavoritkan Gunung Slamet sebagai puncak yang harus didaki. Belum lagi kisah mistisnya, seperti keberadaan Pos Samarantu di lereng Gunung Slamet.

BACA JUGA:Mitos Mahluk Kerdil Gunung Slamet di Jalur Pendakian Guci Tegal, Manusia atau Siluman?

Aura mistis di Pos Samarantu

Sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet juga memiliki tempat-tempat yang dianggap angker atau mistis. Salah satunya adalah keberadaan Pos 4 atau Pos Samarantu.

Sejak kali pertama orang mendengar nama pos tersebut, kebanyakan menganggapnya aneh. Dari penuturan warga sekitar, konon asal kata Samarantu adalah samar dan hantu.

Sehingga banyak yang menyebut bahwa arti Samarantu adalah hantu yang tersamar atau tidak terlihat jelas. Pos Samarantu ditandai dengan dua pohon besar yang sejajar layaknya pintu.

Dua pohon besar yang menyerupai pintu itulah yang dipercaya sebagai pintu masuk ke kerajaan gaib. Sejumlah warga dan pendaki tak sedikit yang mengungkapkan hantu tersebut kerap menunjukan wujudnya yang samar samar di Pos Samarantu Gunung Slamet.

BACA JUGA:6 Misteri Gunung Slamet, Ada Gerbang Gaib yang Mitosnya Jika Memasukinya Tak Akan Bisa Pulang Lagi

Sering ada penampakan makhluk astral 

Kendati banyak yang menganggapnya angker, tetapi Pos 4 ini tidak membahayakan bagi para pendaki. Hanya saja umumnya, para pendaki enggan untuk beristirahat di pos ini.

Sumber: