5 Cara Menghemat Pengeluaran di Akhir Bulan, Perhatikan Nomor 4 Ini yang Harus Dihindari

5 Cara Menghemat Pengeluaran di Akhir Bulan, Perhatikan Nomor 4 Ini yang Harus Dihindari

5 Cara Menghemat Pengeluaran di Akhir Bulan, Perhatikan Nomor 4 Ini yang Harus Dihindari--Pictures By: Media Suara.com

RADAR TEGAL - Artikel ini akan membahas 5 cara menghemat pengeluaran di akhir bulan yang bisa membantu mengatur keuangan kamu. Simak selengkapnya dibawah ini.

Setiap karyawan pasti akan merasa senang apabila tiba hari gajian, pasalnya akan mendapat uang imbalan hasil kerja keras yang bisa dipakai untuk kebutuhan konsumtif.

Selain itu akhir bulan menjadi waktu yang paling ditakuti sebagian orang karena hari inilah mental dan daya tahan kita diuji. 

Pada akhir bulan kita biasanya harus dihadapkan dengan kondisi yang mengharuskan kita bertahan dengan sisa uang yang dimiliki.

Nah kehabisan uang diakhir bulan biasanya disebabkan oleh penggunaan uang gajian yang berlebihan yang biasanya hanya dipakai untuk kebutuhan konsumtif.

Maka dari itu ada baiknya kamu menyimak artikel ini sampai habis karena ada penjelasan bagaimana cara menghemat pengeluaran di akhir bulan.

Berikut cara menghemat pengeluaran di akhir bulan yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Membuat Anggaran Bulanan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Anggaran ini akan membantu Anda melacak pengeluaran dan memastikan bahwa Anda tidak membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan.

Saat membuat anggaran, pastikan untuk memasukkan semua pengeluaran Anda, mulai dari kebutuhan pokok hingga hiburan.

Anda juga dapat membuat anggaran khusus untuk pengeluaran yang tidak terduga, seperti tagihan medis atau perbaikan kendaraan.

BACA JUGA:9 Tips Menghindari Penipuan Social Engineering Atas Nama Bank BRI, Begini Caranya

2. Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Setelah membuat anggaran, Anda perlu memisahkan kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal-hal yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

Sumber: