Pecah! Karnaval Pembangunan Brebes 2023 Dipadati Ribuan Warga, Pantura Penuh Sesak

Pecah! Karnaval Pembangunan Brebes 2023 Dipadati Ribuan Warga, Pantura Penuh Sesak

MERIAH - Karnaval Pembangunan Brebes 2023 berlangsung pecah dan meriah pada Minggu 20 Agustus 2023.-EKO FIDIYANTO/RADAR BREBES-

RADAR TEGAL- Pecah! Karnaval Pembangunan Brebes 2023 dipadati ribuan warga. Jalur pantura pun penuh sesak pada Minggu 20 Agustus 2023. 

Warga antusias menyaksikan Karnaval Pembangunan Brebes 2023 yang digelar dalam rangka HUT Kemerdekaan 78 Tahun RI. Hal cukup beralasan mengingat pawai atau karnaval pembangunan di Kabupaten Brebes ini pertama kali digelar sejak pandemi Covid-19.

"Tahun ini sangat luar biasa, masyarakat sangat antusias. Karena kita tahu sejak pandemi ini baru ada lagi karnaval, dan kenyataannya sambutan masyarakat luar biasa," kata Sutaryono, koordinator panitia Karnaval Pembangunan Brebes 2023.

Sutaryono mengatakan, pelaksanaan Karnaval Pembangunan Brebes 2023 baru dilaksanakan kembali setelah masa pandemi Covid-19 berakhir. Untuk pelaksanaannya sendiri panitia melakukan pertimbangan yang sangat matang, dan ternyata antusiasme warga begitu besar.

BACA JUGA:Rezeki Nomplok! Jalan Sehat 17 Agustus, Siswi SD di Kota Tegal Dapat Satu Unit Laptop

BACA JUGA:HUT RI 2023, RSUD dr Soeselo Slawi Kabupaten Tegal Gelar Jalan Sehat Sepanjang 5 KM

Ribuan warga bahkan rela berdesak-desakan di sepanjang jalur pantura sejak dari Gedung DPRD hingga Makodim 0713 Brebes yang berjarak sekitar 2,5 kilometer. 

Mereka menyaksikan 84 kontingen dari berbagai instansi dan sekolah serta perwakilan kecamatan di seluruh Kabupaten Brebes yang berpartisipasi dalam Karnaval Pembangunan Brebes 2023. 

SMP Negeri 5 Brebes menjadi salah satu kontingen  peserta Karnaval Pembangunan Brebes 2023 dari kalangan sekolah. Sekolah ini sangat antusias untuk mengikuti dan meramaikan karnaval tersebut.

Mereka sengaja menampilkan pasukan pengibar bendera, drumband, pakaian budaya karnival dan rombongan penari massal dalam Karnaval Pembangunan Brebes 2023.

BACA JUGA:Resmikan Renovasi Pasar Sengon Brebes, Ini Pesan Ganjar untuk Pedagang

BACA JUGA:Asal Usul Kabupaten Brebes, Pemekaran dari Wilayah Kabupaten Tegal yang Berarti Air yang Merembes Pelan

Kepala SMP Negeri 5 Brebes Atik Siti Maryam mengatakan, pakaian batik karnival budaya yang merupakan hasil karya anak didiknya. 

"Harapannya, dengan diadakannya ajang karnaval pembangunan ini, seluruh warga Brebes utara merasa terhibur setelah sekian lama terkungkung dalam masa pandemi," terangnya.

Untuk panggung kehormatan berada di depan Kantor KONI yang dihadiri sejumlah pejabat Forkominda dan Kepala OPD. Setiap peserta Karnaval Pembangunan Brebes 2023 akan menampilkan display keunggulan masing masing di depan panggung kehormatan.

Panitia Karnaval Wijanarto menyampaikan, untuk karnaval tahun ini ada 84 kontingen peserta. Adapun kontingen itu mewakili lembaga atau institusi dan sekolah. 

BACA JUGA:Misteri Curug Putri yang Membelah Dua Desa Brebes dan Tegal, Konon Ada Sosok Putri Cantik

BACA JUGA:Ribuan Warga Brebes Bersholawat Bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, Peringatan HUT Jateng ke-78

Untuk satu kontingen bisa membawa peserta 70 sampai 100 orang, sehingga keseluruhan peserta bisa mencapai ribuan orang. 

"Ini ditambah lagi dengan membawa properti sesuai tema yang dibawakan masing masing kontingen. Jadi cukup banyak, cukup antusias, baik peserta maupun warga yang menyaksikan," ungkap Wijanarto. 

Untuk pengaturan arus lalu lintas, lanjut Wijanarto, panitia sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Brebes, TNI, Satpol PP dan Dishub Brebes, untuk mengalihkan arus lalu lintas mobil pribadi dan sepeda motor dari timur maupun barat untuk melalui Jalan Jendaral Ahmad Yani. 

"Truk-truk besar diarahkan masuk ke jalur tol di pintu tol Brebes Timur dan di pintu tol Brebes Barat dan juga ada jalan lingkar utara, sehingga kemacetan kali ini bisa benar-benar teratasi," tambahnya. ***

Sumber: