Pemadaman Kebakaran Kapal Nelayan di Tegal Libatkan Helikopter Milik BNPB

Pemadaman Kebakaran Kapal Nelayan di Tegal Libatkan Helikopter Milik BNPB

Helikopter water bombing dilibatkan untuk membantu pemadaman kebakaran kapal nelayan di Tegal--

RADAR TEGAL - Kerja keras petugas gabungan untuk memadamkan kebakaran kapal nelayan di Tegal selama beberapa hari akhirnya berhasil. Api yang membakar kapal-kapal tersebut berhasil dipadamkan, Jumat 18 Agustus 2023 pagi.

Selain mobil damkar dan water canon, pemadaman juga sempat melibatkan helikopter bombing milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penerjunan helikopter untuk membantu proses pemadaman kebakaran kapal nelayan itu, merupakan permintaan langsung dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal.

Pada proses pemadaman, helikopter terbang rendah untuk menyiramkan air ke titik api yang masih berkobar. Sehingga, api dengan cepat berhasil dipadamkan.

Petugas BNPB Heri Setiyono mengatakan pengiriman helikopter water bombing merupakan permintaan dari Pemkot Tegal. Itu, untuk mempercepat proses pemadaman kebakaran kapal nelayan.

"Ini merupakan permintaan dari Pemkot Tegal, setelah menetapkan status tanggap darurat,"katanya, Kamis 17 Agustus 2023.

Menurut Setiyono, heli melakukan terbang rendah untuk menyiramkan air ke titik api yang masih berkobar. Pemadaman dengan metode water bombing ini diharapkan dapat mempercepat pemadaman api.

"Kita juga melakukan penyiraman air dari udara dilakukan beberapa kali ke sejumlah titik api yang masih menyala,"tandasnya.

Sementara Danlanal Tegal, Jumat 18 Agustus 2023 mengatakan sekitar pukul 09.00 WIB Kebakaran kapal nelayan berhasil dipadamkan. Hal itu tidak lepas dari koordinasi dan kerjasama pihak terkait, termasuk BNPB yang menerjunkan helikopter water bombing. ***

 

Sumber: