Fakta atau Mitos Sungai Serayu dari Air Kencing Bima, Ini Penjelasannya!

Fakta atau Mitos Sungai Serayu dari Air Kencing Bima, Ini Penjelasannya!

Sungai Serayu--

RADAR TEGAL - Banyak mitos yang ada di Jawa Tengah salah satunya sungai serayu yang disebut dari air kencing Bima. Namun apakah itu benar atau tidak? kalian bisa simak artikel ini sampai selesai.

Namun Sungai Serayu ini juga masuk ke provinsi DIY. Sungai ini sangat panjang dan melewat 14 kabupaten seperti Banjarnegara, Cilacap, Banyumas dan yang lainnya.

Sebelum masuk ke mitos Sungai Serayu dari air kencing Bima, kami akan menjelaskan tentang asal-usulnya. Menurut mitos yang menyebar di Indonesia, suungai ini berasal dari air kencing Bima atau biasa dikenal Werkudara. 

Berikut penjelasan dari mitos Sungai Serayu yang berasal dari air kencing Bima dibawah ini.

Mitos Sungai Serayu dari Air Kencing Bima

Jaman dahulu kala, diceritakan bahwa Pandawa Lima ditugaskan untuk pergi ke daerah Dataran Tinggi Dieng dalam rangka membangun candi.

Dalam perjalannya tersebut, Bima atau Werkudara buang air kecil. Sosok Bima memiliki badan yang jauh lebih besar dibandingkan saudara-saudara lainnya di Pandawa.

Dari sinilah dipercaya bahwa air kencing Bima menjadi aliran sungai yang deras. Kemudian untuk penamaan nama Sungai Serayu sendiri berawal dari Bima yang melihat perempuan cantik.

Perempuan cantik tersebut dilihat Bima setelah ia dan saudara-saudara Pandawa berhasil mengalahkan raksasa yang mengamuk di Desa Eacara, Bakasura.

Bakasura mengamuk karena tidak diberi persembahan berupa lembu betina ketika penduduk desa tersebut berpesta.

Pada akhirnya Bakasura berhasil dikalahkan oleh Bima menggunakan senjatanya, Gada Rujakpala. Tiba-tiba saja di sungai terdengar suara kecipak air dan rupanya adalah Dewi Drupadi yang sedang mencuci baju.

Werkudara pun langsung terpesona dan mengucap “Sira ayu” atau yang berarti “Kamu cantik.”

Dewi Drupadi kaget dan langsung ingin pergi, tapi karena gugup ia justru jatuh ke sungai. Werkudara terlambat menyelamatkannya hingga Dewi Drupadi pun tidak bisa diselamatkan. Begitulah asal usul nama Sungai Serayu.

Percaya atau tidak namun seperti itulah mitos yang mewarnai Sungai Serayu. Tentunya hal ini berbeda dengan asal-usul Sungai Serayu menurut ilmu pengetahuan.

Sumber: