Hari Ini Sembilan, Total 61 Kapal di Pelabuhan Jongor Tegal yang Terbakar

Hari Ini Sembilan, Total 61 Kapal di Pelabuhan Jongor Tegal yang Terbakar

Kebakaran Kapal di Pelabuhan Tegal Kembali Terjadi--

RADAR TEGAL - Sejumlah kapal yang berada di pelabuhan Jongor Tegalsari Kota Tegal kembali terbakar, Rabu 16 Agustus 2023 siang. Kebakaran dipicu adanya api yang muncul dari puing-puing kapal yang terbakar sebelumnya, kemudian merembet ke kapal lainnya.

Sejumlah armada pemadam kebakaran langsung dikerahkan untuk dapat menjinakan api. Namun, api cukup sulit dipadamkan karena kencangnya tiupan angin dan cuaca yang cukup panas.

Salah satu tokoh nelayan Thambari Gustam mengatakan hari ini ada 9 kapal yang terbakar. Jumlah itu menambah total kerugian akibat kebakaran yang sudah berlangsung selama dua hari itu.

"Hari ini ada 9 kapal yang terbakar. Kalau kemarin 52, maka totalnya ada 62 kapal,"katanya.

Terkait kejadian itu, kata Thambari, Pemerintah harus bisa menunjukkan tanggung jawabnya. Karena para pemilik kapal merupakan orang yang terkena sejumlah pajak.

"Baik pajak retribusi, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), maupun pajak lainnya,"katanya.

Akibat kejadian tersebut, kata Thambari, setidaknya ada 2.000 nelayan yang turut terdampak. Mereka merupakan ABK dari kapal-kapal yang terbakar tersebut.

"Perkiraan ABK nelayan yang terdampak akibat kejadian ini sekitar 2.000 orang. Mereka butuh bantuan dari pemerintah,"katanya.

Thambari mengungkapkan, Pemerintah Kota Tegal telah menggelontorkan bantuan tetapi hanya bagi para ABK. Sedangkan pemilik kapal tidak.

"Padahal, pemilik juga punya hak untuk dapat bantuan dari kontribusi pajak tadi,"pungkasnya. 

Sebelumnya, 52 Kapal di pelabuhan Jongor Tegalsari terbakar, Senin 14 Agustus 2023. Siang ini kebakaran kembali melanda 9 kapal, sehingga totalnya mencapai 61 kapal. ***

Sumber: