Hati-hati, Berikut 4 Pantangan Berwisata di Yogyakarta

Hati-hati, Berikut 4 Pantangan Berwisata di Yogyakarta

Prambanan - Wisata Yogyakarta--

RADAR TEGAL - Banyak wisata yang terkenal di Yogyakarta, bahkan beberapa wisatawan selalu rindu jika meninggalkan Kota ini. Yogyakarta selalu menjadi kota yang mempunyai wisata cukup banyak dan menjadi salah satu yang terfavorit.

Namun jika kalian berkunjung ke Yogyakarta ada panntangan sendiri jika ingin pergi ke wisatanya. Jadi kalian harus mengetahui terlebih dulu untuk mengekspor wisata yang ada disana. Mulai dari mitos hingga ke pantangan pada wisata yang akan dikunjungi.

Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa pantangan yang dapat kalian hindari jika berkunjung ke Kota Yogyakarta. Berikut pantangannya yang dapat kalian simak dibawah ini.

Pantangan yang tidak boleh wisatawan lakukan

Dilarang mengenakan batik motif Parang Garuda di Keraton Yogyakarta

Belum lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Wisatawan sering diingatkan untuk mengenakan pakaian yang pantas karena di sana merupakan kediaman Sri Sultan Hamengkubuwono. Selain itu, jangan coba-coba untuk mengenakan pakaian batik motif Parang Garuda. Biarpun batik adalah pakaian khas sana, namun motif tersebut merupakan motif kebesaran yang hanya boleh dikenakan oleh Sri Sultan yang tengah memegang tahta. Bila masih nekat menggunakannya, ada kepercayaan orang tersebut akan kualat.

Jangan mengenakan baju berwarna hijau di Pantai Parangtriti

Pantai di Yogyakarta memang terkenal dengan aura mistisnya terutama di bagian selatan karena dianggap sebagai wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul. Bila ingin berkunjung ke Pantai Parangtritis, jangan sekali-sekali mengenakan pakaian berwarna hijau. Konon bila hal itu dilakukan, Nyi Roro Kidul akan menarik wisatawan melalui ombak yang menggulung tinggi ke arah pantai. Alasannya karena hijau adalah warna favorit Nyi Roro Kidul dan dianggap pengunjung adalah prajuritnya.

Hindari mengunjungi Candi Prambanan dengan pasangan sebelum menikah

Berlatarbelakang kisah asmara Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang, wisatawan yang datang ke Candi Prambanan diharapkan tidak datang bersama pasangan bila masih pacaran. Sebab bila sudah begitu pasangan diyakini akan segera putus. Alasannya karena Bandung Bondowoso sakit hati dengan Roro Jonggrang yang menggunakan tipu muslihat untuk menggagalkan rencananya demi menikahi pujaan hatinya tersebut.

Perempuan jangan mengunjungi Candi Ratu Boko sendirian

Hampir sama dengan Candi Prambanan, wisatawan yang berkunjung ke candi yang terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbenamnya itu diharapkan tidak membawa pasangan jika belum menikah. Sebab hubungan itu bisa kandas di tengah jalan. Selain itu, perempuan juga disarankan tidak mengunjungi Candi Ratu Boko seorang diri karena akan mengakibatkannya telat menikah.

Itulah pantangan yang harus kalian hindari menurut masing-masing wisata yang ada di Yogyakkarta. Semoga bermanfaat.***

Sumber: