7 Tanda Belum Memiliki Ikatan Emosi dengan Diri Sendiri

7 Tanda Belum Memiliki Ikatan Emosi dengan Diri Sendiri

--

RADAR TEGAL - Pertumbuhan menuju dewasa sangat perlu untuk mengenali diri sendiri. Hal itu akan membuat emosi akan terkontrol dan dapat memahami diri sendiri.

Namun faktanya untuk menjalani hidup akan sulit dan banyak manusia yang belum memiliki ikatan emosi dengan diri sendiri. Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa tanda kamu belum memiliki ikatan emosi dengan diri sendiri.

Tanda kamu belum memiliki ikatan emosi dengan diri sendiri

1. Tidak mampu memahami gejolak emosi negatif

Ada banyak gejolak emosi negatif yang muncul dalam diri. Kamu bisa saja mengalami kesedihan, kekecewaan, juga didominasi rasa marah. Jika tidak diredam, gejolak emosi negatif bisa menjerumuskan diri. Kamu tidak mampu berpikir jernih sehingga mengambil tindakan merugikan.

Tidak mampu memahami gejolak emosi negatif yang dirasakan, tandanya kamu tidak memiliki ikatan emosi dengan diri sendiri. Untuk sekadar mengetahui apa yang dirasakan saja tidak tahu. Padahal gejolak emosi negatif yang tidak diredam bisa menimbulkan kekacauan. Bahkan mengambat rencana dan tujuan.

2. Bersikap apatis terhadap tujuan hidup

Ikatan emosi yang kuat membuat kamu bisa memahami diri dengan baik. Alur kehidupan bisa dirancang dengan lebih sistematis. Tapi lain halnya saat tidak memiliki ikatan emosi yang kuat. Setiap detail aktivitas yang kamu jalani terasa berantakan.

Untuk mengetahui apakah kita sudah memiliki ikatan emosi dengan diri sendiri atau belum, bisa dilihat dari beberapa tanda. Salah satunya kepedulian terhadap tujuan hidup. Mereka yang tidak memiliki ikatan emosi cenderung apatis. Meski tujuan hidup menjauh, namun ia tidak peduli.

3. Tidak mengetahui sumber kebahagiaan yang pasti

Sumber kebahagiaan satu orang dengan yang lainnya tidak bisa disamakan. Karena ini menyangkut kepuasan hati. Mungkin orang lain bisa bahagia dengan hal-hal sederhana, tetapi kamu belum tentu. Untuk mengetahui sumber kebahagiaan, harus memahami kondisi emosi terlebih dahulu.

Ternyata ini jadi tanda apakah kamu sudah memiliki keterkaitan emosi dengan diri sendiri atau belum. Mereka yang tidak memiliki ikatan emosi dengan diri sendiri tidak tahu letak sumber kebahagiaannya. Seringkali terjebak kebahagiaan semu yang terdapat di lingkungan sekitar.

4. Memaksa diri bekerja di luar batas wajar

Bekerja keras menjadi salah satu jalan mewujudkan keberhasilan. Terkadang kita salah memahami arti bekerja keras. Kamu justru menekan diri di luar batas kemampuan, sampai kesehatan fisik dan mental terganggu. Cara kerja yang kamu terapkan turut mencerminkan ikatan emosi dengan diri sendiri.

Sumber: