Mitos Goa Jatijajar Kebumen:Mitos Supaya Awet Muda dari Sumber Air Goa ini

Mitos Goa Jatijajar Kebumen:Mitos Supaya Awet Muda dari Sumber Air Goa ini

--

RADAR TEGAL-Menelusuri Kisah Mistis di Goa Jatijajar, Kebumen. Di tengah hamparan alam Kebumen yang memukau, terdapat sebuah tempat yang mengundang rasa penasaran dan kekaguman dari wisatawan.

Mengenai mitos goa Jatijajar  yang Lokasi wisata yang terletak di sebelah barat daya Kecamatan Gombong ini. .Memiliki daya tarik tak hanya karena keindahan alamnya.

Tetapi juga karena mitos yang mengelilingi sumber air di dalamnya. Dikisahkan bahwa sumber-sumber air di Goa Jatijajar memiliki kekuatan magis yang bisa membuat orang awet muda. Serta legenda tersebut telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman para pengunjung.

Pada kesempatan kali ini akan mengungkap misteri  serta mitos apa saja tentang Goa Jajtijajar. Konon katanya mempunyai kekuatan magis dan cerita   mistis.

Misteri Tersembunyi Mitos Sumber Air Goa Jatijajar

Konon katanya,  mitos Goa Jatijajar berawal dari cerita seorang petani pada tahun 1802. ia tak sengaja menemukan gua ini saat ia terjatuh ke dalam lubang ketika hendak mengambil rumput.

Lubang itu membawanya ke sebuah dunia bawah tanah yang menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Salah satu daya tarik utama gua ini adalah keberadaan beberapa sumber mata air atau sendang yang dianggap memiliki kekuatan magis

BACA JUGA:Mitos Pantai Selatan Pulau Jawa, Kisah Mistis Nyi Roro Kidul Sampai Misteri Lukisannya

Mengenai Sumber Mata Air Berkhasiat Sendang Kantil dan Legenda Awet Muda yang menarik perhatian. Salah satu sendang yang menjadi pusat perhatian adalah sendang Kantil. Kisah legenda yang mengelilingi sendang ini menjadi pusat mitos Goa Jatijajar.

Menurut cerita, sendang Kantil adalah tempat bertapa Raden Kamandaka alias Lutung Kasarung dan Dewi Cipta, istri Kamandaka.

Mitos Goa Jatijajar yang beredar menyatakan bahwa siapa pun yang menggunakan air dari sendang Kantil ini.Untuk kegunaan  mandi, minum, atau mencuci muka kita akan mendapat  berkah dengan kulit yang awet muda dan bersih.

Mengapa Air Sendang Kantil Sakti?

Cerita ini mungkin tampak seperti dongeng belaka, tetapi memiliki daya tarik yang kuat bagi banyak orang. Legenda tentang Dewi Cipta yang memiliki wajah indah dan bersih. Setelah ia mandi menggunakan air sendang Kantil telah memberikan sentuhan magis pada tempat ini.

Selain itu, air dari sendang Kantil juga mereka perceya memiliki kemampuan untuk membersihkan aura negatif seseorang, menambah dimensi mistis pada mitos ini.

Sumber: