Polwan Goes To School di Tegal, Ingatkan Pelajar Akan UU ITE

Polwan Goes To School di Tegal, Ingatkan Pelajar Akan UU ITE

Sosialisasi UU ITE kepada pelajar--

RADAR TEGAL - Menggunakan media sosial dengan tidak bijak, akan berimplikasi terhadap hukum. Hal itu, sebagaimana telah diatur di Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Karenanya, jajaran Polres Tegal Kota melakukan program Polwan Goes To School dengan menyasar para pelajar. Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan sosialisasi tentang penggunaan media sosial secara bijak, sehingga para pelajar tidak tersandung masalah hukum.

Kabag SDM Polres Tegal Kota, Kompol Pujiningsih mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam peringatan hari jadi Polwan ke-75. Kegiatan diawali dengan upacara dan dilanjutkan dengan memberikan materi kepada para siswa. 

"Anggota Polwan memberikan sejumlah materi seperti cerdas dan aman bermedia sosial. Bahaya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak, dan tentang peraturan dalam berlalu lintas,"katanya.

Menurut Kompol Pujiningsih, melalui kegiatan tersebut, pihaknya juga mengajak kepada para siswa agar bijak dalam menggunakan media sosial. Sebab jika salah penggunaannya dapat berdampak buruk.

"Hal itu, sebagaimana yang tercantum dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE. Jika para siswa kurang bijak dalam menggunakan media sosial dampaknya bisa berhadapan dengan hukum,"tegasnya.

Karenanya, kata Kompol Pujiningsih, pihaknya mengajak kepada para pelajar untuk menjadikan media sosial sebagai media silaturahmi. Serta menambah wawasan serta sarana untuk memperoleh pengetahuan dan informasi yang tepat dan akurat.

Selain UU ITE, ujar Kompol Pujiningsih, pihaknya juga memberikan edukasi tata tertib berlalu lintas serta memberikan materi kenakalan remaja. Tujuannya, menanamkan disiplin berlalu lintas sejak dini.

"Saat ini banyak pelanggaran lalu lintas melibatkan remaja. Kita berharap dengan kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi masa depan para pelajar,"jelasnya.

Selain kegiatan tersebut, imbuh Kompol Pujiningsih, pihaknya juga menggelar bakti kesehatan, anjangsana dan curhat bersama polwan. Kemudian agenda berikutnya ada olahraga bersama, donor darah dan tasyakuran. ***

 

Sumber: