Icip-icip Makanan Tradisional Khas Tegal, Murah Meriah dan Mengenyangkan

Icip-icip Makanan Tradisional Khas Tegal, Murah Meriah dan Mengenyangkan

blendung--

RADAR TEGAL - Salah satu kuliner yang tidak boleh terlewatkan adalah makanan khas tegal. Selain mengenyangkan makanan ini juga murah meriah lho.

Kamu yang sedang berwisata atau mampis di Kota Tegal wajib banget mencoba makanan yang satu ini. Sebab meski murah meriah, namun rasanya juga tidak bisa diragukan lagi.

Penasaran apa saja makanan tradisional khas tegal yang enak dan murah. Simak daftarnya berikut ini.

BACA JUGA:Gratis Sepekan, Ini Tarif dan Jadwal Trans Jateng Solo-Sukoharjo-Wonogiri

1. Sate Blengong

Datang ke Tegal belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi sate blengong. Makanan khas tegal ini terbuat dari daging blengong yaitu unggas hasil persilangan entok dan bebek.

Daging blengong memiliki tekstur empuk. Rasa sate ini gurih karena disajikan bersama bumbu kacang. Biasanya, sate blengong dinikmati bersama ketupat atau lontong.

2. Nasi Ponggol

Makanan khas Tegal lainnya yang tak boleh dilewatkan yaitu nasi ponggol. Makanan ini dibuat dari nasi poting yang ditambah berbagai lauk pauk. Yang membuat makanan ini enak yaitu dibungkus dalam daun pisang, sehingga aromanya semakin menggugah selera. 

3. Blendung 

Blendung adalah makanan tradisional khas Tegal. Blendung terbuat jagung pipil yang kukus atau rebus sampai empuk. Biasanya, blendung disajikan bersama kelapa parut.

Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan mengenyangkan. Anda bisa mendapatkan blendung di pasar tradisional yang ada di Tegal.

4. Soto Tauco

Soto Tauco menjadi salah satu makanan khas Tegal yang wajib dicoba. Berbeda dengan soto di daerah lain, soto tauco menggunakan bumbu tauco yang membuat rasanya semakin sedap.

Soto ini terbuat dari aneka sayuran dan tambahan daging ayam atau sapi yang membuat rasanya semakin enak. Anda juga bisa menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis agar rasanya pedas dan segar.

5. Nasi Lengko

Selain soto tauco, Anda juga bisa menemukan nasi lengko saat berkunjung ke Tegal. Makanan ini terbuat dari nasi putih yang disajikan bersama tauge, kol, tempe, tahu, dan kerupuk. Kemudian, disiram dengan bumbu kacang.

Rasa makanan ini enak dan khas. Biasanya, nasi lengko dinikmati saat sarapan pagi bersama gorengan yang membuat rasanya semakin nikmat. Sama seperti soto tauco, penjual nasi lengko di Tegal juga sangat mudah dijumpai. 

6. Tahu Aci

Sesuai dengan namanya, bahan dasar makanan ini adalah tahu dan aci atau adonan tepung kanji. Tahu kucing dipotong segitiga, kemudian di bagian atasnya diberi adonan tepung kanji yang sudah dicampur dengan daun kucai.

Sumber: