Bupati dan Walikota se-Jateng Deklarasi Anti Korupsi

Bupati dan Walikota se-Jateng Deklarasi Anti Korupsi

Wali Kota Tegal bersalaman dengan Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango--

RADAR TEGAL - Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengikuti pengukuhan Komunitas Penyuluh Antikorupsi dan Ahli Pembangun Integritas (Kompak API) Jawa Tengah, Senin 7 Agustus 2023. Pada kesempatan itu, dirinya bersama Bupati dan Walikota se-Jawa Tengah juga mendeklarasikan diri anti korupsi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya mengatakan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) harus berdaya guna dengan inisiatif. Karenanya, agar dalam pencegahan korupsi memaksimalkan peranannya.

"Seorang pemimpin harus berintegritas dan menjadi contoh sikap antikorupsi. Sehingga selain praktik korupsinya dapat ditekan, pelayanan publik juga akan maksimal dan masyarakat terlayani dengan baik,"katanya.

Wakil Ketua KPK RI Nawawi Pomolango yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Jateng. Sebab, telah berupaya melakukan pencegahan tindak korupsi.

"Kami melihat pengkukuhan Kompak API sebagai sebuah langkah yang bagus dalam rangka pencegahan korupsi,"katanya.

Nawawi berharap perhatian Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah terhadap penggiat anti korupsi. Serta, selalu ditingkatkan dan didorong seperti Pemprov Jateng melakukan upaya pencegahan korupsi.

"Pencegahan korupsi menjadi prioritas dan alah satu tugas KPK RI. Itu, bukan berarti KPK tidak melakukan penindakan, namun lebih menekankan pada pencegahan,"ujarnya.

Hal itu, kata Nawawi, agar korupsi itu tidak terjadi, termasuk didalamnya adalah pembentukan forum-forum penyuluh anti korupsi. Pencegahan pemberantasan korupsi tidak akan dapat dilaksanakan tanpa ada partisipasi dari masyarakat. 

"Peran serta masyarakat juga sangat perlu. Apa yang dia lihat dan dilaporkan, pelibatan masyarakat dalam upaya pencegahan korupsi sangat penting,"tandasnya.

Nawawi mengatakan beberapa kasus dapat diungkap KPK beberapa diantaranya merupakan hasil dari laporan masyarakat. Karenanya, dia sangat berharap kehadiran dari para penyuluh anti korupsi dapat menjadikan Jawa Tengah sebagai daerah percontohan daerah bebas korupsi. ***

Sumber: