5 Fakta Menarik dan Mitos tentang Gunung Fuji, Ternyata Dulu Wanita Dilarang Mendaki

5 Fakta Menarik dan Mitos tentang Gunung Fuji, Ternyata Dulu Wanita Dilarang Mendaki

Ilustrasi. Fakta menarik dan mitos Gunung Fuji di Jepang-Pexels/Pixabay-

RADAR TEGAL – Memiliki pesona yang indah beserta fakta menarik dan mitos yang jarang orang ketahui menjadikan Gunung Fuji menarik untuk didatangi. Gunung yang terletak di 60 kilometer dari Tokyo, Jepang ini menjadi surga bagi para pelancong yang berlibur.

Ada beberapa fakta menarik dan mitos tentang Gunung Fuji ini dibalik kegagahan dan kecantikan yang ia miliki. Bahkan, saking indahnya gunung ini, hampir tidak pernah sepi oleh pengunjung baik itu lokal ataupun mancanegara.

Melansir dari kanal YouTube Mayessa Wika pada Senin, 7 Agustus 2023, berikut sejumlah fakta menarik dan mitos Gunung Fuji atau Fujiyama di Jepang. Dulunya wanita dilarang untuk mendaki gunung, lho.

Fakta menarik tentang Gunung Fuji

1) Gunung api aktif berbentuk Stratovolcano

Gunung Fuji memang merupakan salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki. Namun, gunung ini merupakan gunung api yang masih aktif.

Di dalamnya ada magma hidup yang bisa keluar kapanpun itu. Meski begitu, setelah erupsi terakhir pada 1707 silam, Gunung Fuji tidak lagi memperlihatkan adanya aktivitas yang membahayakan.

Tidak hanya menjadi tempat wisata, gunung ini juga dianggap sebagai tempat sakral oleh penduduk Jepang selain Gunung Komitake dan Gunung Kofuji yang memang kurang populer.

BACA JUGA : 8 Fakta Menarik Daintree Forest yang Jadi Hutan Tertua di Dunia, Punya Tumbuhan Bisa Bercahaya saat Malam Hari

2) Wanita tidak boleh mendaki

Fakta menarik yang pernah terjadi tentang Gunung Fuji ini adalah para wanita tidak boleh mendaki disini. Dulunya, hanya kaum pria yang boleh mendaki gunung.

Hal ini dikarenakan kepercayaan penduduk setempat di sekitar Gunung Fuji. Beruntungnya, seiring waktu tepatnya 1868, peraturan diskriminatif ini telah dicabut. Seluruh orang baik pria atau wanita termasuk pendaki asing akhirnya bisa bebas mendaki Gunung Fuji.

3) Punya lima danau disekitarnya

Fakta unik lainnya tentang Gunung Fuji ini ternyata ia dikelilingi beberapa danau cantik dengan menawarkan spot pemandangan yang indah.

Sumber: