Hambat Penerbangan Bandara Husein Sastranegara, Gunung Bohong Sempat Dibom

Hambat Penerbangan Bandara Husein Sastranegara, Gunung Bohong Sempat Dibom

Gunung Bohong-RADAR CIREBON-

RADAR TEGAL - Berada di Kecamatan Padasuka Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat, keberadaan Gunung Bohong menjadi penghambat perkembangan Bandara Husein Sastranegara.

Keberadaan Gunung Bohong sudah beberapa kali memicu wacana untuk dipangkas ketinggiannya. Pasalnya lokasinya berada di Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Bandara Husein Sastranegara.

Salah satunya mencuat sebelum dilakukan revitalisasi Bandara Husein Sastranegara pada tahun 2012. Ketika itu, Gunung Bohong diusulkan untuk dipangkas ketinggiannya sekitar 15-20 meter.

Pemangkasan ini, tidak lain untuk kepentingan penerbangan di Bandara Husein Sastranegara agar dapat melayani penerbangan internasional.

Namun, penamaan Gunung Bohong rupanya ada keunikan tersendiri. Disebut bukit yang berbohong karena sebenarnya memang bukan gunung.

BACA JUGA:Mengenal Tradisi Nyadran Gunung Silurah yang Berusia Ratusan Tahun, Ada Ritual Ider Desa

Memiliki tinggi 896 meter di atas permukaan laut, gunung bohong berjuluk Atap Cimahi. Sebenarnya, ini memang bukan gunung tetapi bukit. 

Hanya saja karena bentuknya menyerupai gunung. Sehingga disebut Gunung Bohong. Terkait bandara, Balitbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menyebut pengembangan Husein Sastranegara sudah sulit dilakukan baik dari sisi darat maupun udara.

Untuk sisi darat, hanya dapat dilakukan perluasan terminal penumpang. Juga fasilitas penunjang lainnya. 

Sedangkan sisi udara, runway tidak dapat diperpanjang karena berada di pusat kota. Kemudian, ada Gunung Bohong yang berada dalam KKOP. 

Dikutip dari Radar Cirebon, kondisi ini berkaitan dengan aktivitas take off dan landing pesawat. Karenanya, gunung ini masuk dalam obstacle alam.

Keberadaan gunung sendiri menghambat Bandara Husein Sastranegara untuk melakukan penerbangan internasional.

BACA JUGA:Menelisik Kisah Mistis Gunung Tugel Purwokerto, Jadi Tempat Ritual Dukun dan Pemujaan?

Saat pesawat hendak melewati Gunung Bohong, bobot maksimal saat take-off yang diperkenankan hanya 67,5 ton.

Sumber: Radar Cirebon