30 Orang Daftar Perangkat Desa Peguyangan Pemalang, Ada yang dari Brebes

30 Orang Daftar Perangkat Desa Peguyangan Pemalang, Ada yang dari Brebes

UJIAN - Ujian penyaringan perangkat Desa Peguyangan sedang dilaksanakan di balai desa. -JATENG.DISWAY.ID-

RADAR TEGAL - Lowongan perangkat desa saat ini nampaknya mulai banyak peminat. Bahkan, sebanyak 30 orang daftar perangkat Desa Peguyangan Pemalang. 

Pendaftarnya pun bukan dari warga Desa Peguyangan saja. Namun juga dari daerah lain, seperti Comal, Petarukan, Taman, sampai Kabupaten Brebes. 

Semua pendaftar menjalani ujian penyaringan perangkat desa. Harapannya, setelah terpilih di antara yang terbaik, nantinya dapat membantu kegiatan di pemerintahan desa. 

Mereka mengikuti ujian penyaringan perangkat  Desa Peguyangan Kecamatan Bantarbolang yang terdiri dari beberapa tes. Mulai dari wawancara, pidato, komputer dan tertulis.

BACA JUGA:Tanpa Pelicin, Seleksi Perangkat Desa di Mindaka Kabupaten Tegal Loloskan 2 Orang

Menurut Kepala Desa Peguyangan Wage Kasdono, sebenarnya jumlah peserta yang mengambil formulir jauh lebih banyak dari yang mendaftar. Total ada 46 orang mengambil formulir tetapi hanya 30 orang saja yang mendaftar.

Penerimaan perangkat desa ini untuk mengisi kekosongan di bagian Kasi Pemerintahan dan Kaur Perencanaan. 

"Peserta mengikuti tahapan tes dan yang nantinya terpilih atau lolos, diharapkan bisa menjalankan tugas dengan baik," katanya.

Dikutip dari Jateng.disway.id, tahapan tes yang mereka jalani yaitu tes kesehatan 30 peserta dan tidak mengikuti tes 1 orang. Untuk tes wawancara, 29 peserta yang lulus 26 orang dan 3 orang tidak ikut tes. 

Tes selanjutnya yaitu pidato 26 orang yang semuanya dinyatakan lulus.  Kemudian ada tes kemampuan menggunakan komputer 26 orang. 

BACA JUGA:Selamat! Perangkat Desa Sidaharja Menangkan Hadiah Mobil Expander Bank Jateng

Untuk tes tertulis menggunakan model CAT yang hasilnya akan diketahui secara langsung. Kepala desa berharap, dari tes tersebut bisa mendapatkan SDM yang berdedikasi, loyal dan mau bekerja keras.

Dengan adanya seleksi perangkat desa, kekosongan yang ada bisa terisi dan bersama-sama memajukan Desa Peguyangan.

Salah satu warga, Usman, berharap hal ini bisa membuat desanya semakin maju.

Sumber: jateng.disway.id