Hobi Kulineran? Berikut 5 Daftar Wisata Kuliner Jogja Paling Populer dan Murah

Hobi Kulineran? Berikut 5 Daftar Wisata Kuliner Jogja Paling Populer dan Murah

Kopi Khas Jogja | Wisata Kuliner Joga--

RADARTEGAL.DISWAY.ID  - Yogyakarta bukan hanya sebagai kota pelajar namun juga kota wisata. Nah, apabila Anda sedang berlibur di Jogja perlu mencoba wisata kuliner Jogja berikut ini.

Tahukah Anda, di Jogja terdapat beragam tempat makan yang akan membuat Anda ketagihan karena rasanya dapat menggoyang lidah dan tentu harganya sangat terjangkau, ya.

Jogja sendiri juga memiliki sederet kuliner khas yang wajib Anda coba yakni mulai dari  maknan tradisional, menu western, hingga kuliner khas nusantara.

Untuk harga, anda tidak  perlu khawatir, ya. Sebab, terdapat pilihan tempat makan yang muerah meriah sampai yang super mahal.

Melansir dari berbagai sumber, berikut daftar wisata kuliner Jogja yang perlu Anda kunjungi.

BACA JUGA: Wisata Kuliner Pasar Slumpring, Tersedia Aneka Jajanan Tradisional dengan Alat Pembayaran yang Unik

5 Daftar Wisata Kuliner Jogja

1.      Gudeg Wijilan dan Barek

Kuliner yang satu ini tentu tidak asing lagi di telinga Anda bukan. Rasanya tidak pas apabila Anda sedang berkunjung ke Jogja namun tidak mencoba kuliner khas Jogja ini.

Gudeg sendiri merupakan makanan khas Jogja dari yang terbuat dari nangka muda yang dimasak  dalam kendi tanah liat selama berjam-jam.

Adapun warna merah pada gudeg, bukan dari pewarna buatan, ya. Namun dari pewarna alami daun jati yang merupakan alasa pada saat nangka dan pelengkapnya dimasak di atas tungku kaya.

Umumnya, gudeg disantap bersama tempe, tahu, bacem, sambel goreng krecek, dan kuah areh yang dapat memberi rasa  gurih dan sedap.

Tahukah Anda, Jogja merupakan salah satu kota yang tak pernah tidur. Salah satu nafas yang terus membuatnya terjaga yakni gudeg.

Penjualnya bergantian menggelar dagangan dari dini hari hingga tengah malam, Gudeg juga dapat Anda temukan dihampir setiap sudut kota Yogyakarta.

Akan tetapi, kawasan yang paling kondang sebagai sentra gudeg Jogja yakni kawasan Wijilan dan Barek.

Kawasan Wijilan tidak jauh dari kompleks Keraton Yogyakarta dan bisa Anda capai dengan berjalan kaki selama 10 menit atau bisa dengan menggunakan becak.

2.      Angkringan Kopi Joss Lik Man

Ketika Anda sedang berkunjung ke Jogja tak lengkap rasanya apabila tidak mencoba nasi kucing bukan? Nasi kucing yang dimaksud yakni bukan nasi untuk kucing, ya.

Melainkan nasi dengan porsi sedikit dengan lauk tempe dan sambel teri, adapun pelengkapnya yakni bisa aneka sate dan gorengan.

Di angkringan Jogja yang populer ini, Anda juga harus mencoba Kopi Joss yakni kopi panas yang diberi arang panas.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena tidak berbahaya, arangnya langsung diambil dari tungku yang pastinya sudah membuat arang tersebut menjadi steril.

Selain itu, cara penyajian kopi di angkringan ini pun cukup menarik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara.

Bunyi ‘jossss’ yang ditimbulkan inilah yang membutanya disebut sebagai Kopi Joss.

Kopi Joss sendiri memiliki rasa unik yang khas dan tidak dimiliki oleh kopi lainnya, lho.

Bagi Anda yang berminat ngopi dan makan nasi kucing di Angkringan Lik Man ini, berada di kawasan Stasiun Tugu Jogja, ya. Untuk harga? Tenang,  masih terjangkau.

3.      Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Jogja tidak hanya memiliki kuliner masakan manis  seperti Gudeg. Kabar baik untuk Anda penggemar masakan pedas, Anda perlu mencoba oseng-oseng mercon Bu Narti.

Oseng-oseng ini, sering membuat orang yang memakannya berkeringan seperti habis lari mengitari lapangan bola berkali-kali. Namun, pedas-pedas enak katanya.

Adapun cabai dalam satu panci oseng-oseng mercon ini yakni mencapai 6 KG.

Makanan Kreasi dari Bu Narti ini, kini sudah menjadi kuliner khas Jogja yang perlu Anda coba.

Oseng-oseng Mercon Bu Narti sudah beridiri sejak tahuan 1998 pada saat negara sedang dilanda krisis ekonomi.

Adapun lokasi Oseng-oseng Mercon Bu Narti yakni berada di Jl. KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta.

4.      Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong ini menyajikan sate spesial yang tidak akan Anda temukan di  tempat lain, lho.

Sate ini diketahui memiliki rasa yang khas dan nikmat. Hal tersebut didapat dari bumbu sederhana yang digunakannya.

Adapun Sate Klatek Jogja yakni hanya menggunakan bumbu seperti garam, merica, dan  kecap. Tiga bahan minimalis inilah yang telah membuat sate klatak memiliki rasa yang khas.

Tidak hanya bumbu, alat yang digunakan untuk memasak pun berbeda, ya.

Jika umumnya daging dibakar dengan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bumbu. Namun, lain halnya dengan Pak Pong yakni menggunakan jerusi besi sepeda.

Kono, penggunaan jeruji besi ini mampu membuat daging menjadi matang merata.

Adapun lokasi Sate Klathak Pak Pong ini yakni berada di Jalan Imogiri Bantul,  Yogyakarta.

BACA JUGA: Kuliner Khas Tegal Martabak Lebaksiu yang Melegenda, Begini Sejarah Singkatnya

5.      House of Raminten

House of Raminten merupakan sebuah rumah makan yang menyajikan menu tradisional Yogyakarta seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, sate lilit, brongkos, dan nasi kucing.

Arsitektur rumah makan yang satu ini terbilang luar biasa, lho.

Anda dapat menemukan sebuah kereta kudu di luar rumah makan, sedangkan di dalamnya Anda dapat melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa yang khas.

Adapun lokasinya yakni berada di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogykarta.

Selain 5 rekomendasi kuliner Jogja di atas, Anda juga perlu mencoba kuliner Jogja lainnya seperti; Banyu Mili Contry Club, Kalimik Yogyakarta, Bong Kopitown, Bakso Klenger ratu Sari, Cilok Gagajahan, Mie Ayam BU Tumini Sari Rasa Jati Ayu, dan masih banyak lagi.

Demikian ulasan mengenai 5 daftar wisata kuliner Jogja. Semoga bermanfaat.***

Sumber: