Jangan Khawatir! Berikut 8 Tips Melunasi Hutang Tepat Waktu

Jangan Khawatir! Berikut 8 Tips Melunasi Hutang Tepat Waktu

--

RADAR TEGAL - Ketika kondisi ekonomi sedang sulit, kita perlu menjadi lebih pintar dalam mengatur keuangan agar pengeluaran bulanan tidak terlalu besar dan tidak membebani keuangan kita.

Terutama jika kita sedang berhutang dan memiliki banyak pengeluaran yang harus dipenuhi, kita harus mencari cara untuk keluar dari masalah ini dengan cepat.

Sebenarnya, jika kita bisa berpikir tenang dan bijaksana, ada solusi cerdas untuk menjadi bebas dari hutang. Berikut radartegal.disway.id berikan tips beberapa cara untuk melunasi hutang.

BACA JUGA:Resep Ojingeo Bokkeum Masakan Korea yang Pedas dan Nikmat dengan Cita Rasa Khas, Begini Cara Membuatnya

1. Mengatur pengluaran

Dalam mengelola keuangan, kita perlu memperhatikan pos-pos pengeluaran. Artinya, kita harus membuat rencana anggaran untuk setiap pengeluaran.

Kategorikan pengeluaranmu menjadi hutang, kebutuhan, keinginan, dan pos pengeluaran lainnya sesuai keinginanmu.

Namun, saat terlilit hutang, kita perlu mengatur ulang pengeluaran. Kita tidak bisa menggunakan anggaran yang sama seperti biasanya.

Kita harus memprioritaskan hutang dan kebutuhan terlebih dahulu. Jadi, disarankan untuk mengevaluasi pengeluaranmu dan menyesuaikannya dengan kondisimu.

Percayalah, mengubah skema anggaran pengeluaran bisa membantu kita keluar dari masalah hutang lebih cepat.

2. Mengurangi pengluaran

Berkaitan dengan poin sebelumnya, salah satu cara untuk mengatur ulang pengeluaran adalah dengan mengurangi pengeluaran kita. Caranya adalah dengan melakukan penghematan dan mengurangi penggunaan barang sehari-hari.

Misalnya, untuk berangkat ke kantor, kita bisa memilih menggunakan transportasi umum atau sepeda, yang lebih ekonomis daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Selain itu, kita juga bisa memasak dan membawa bekal makanan dari rumah, dan berhenti berlangganan layanan seperti TV berlangganan, Spotify, Netflix, dan sejenisnya untuk mengurangi pengeluaran bulanan.

BACA JUGA:Inovasi Baru! Livin’ by Mandiri Mudahkan Transfer Ke Luar Negeri yang Cepat, Murah, dan Utuh

3. Menjual barang yang sudah tidak terpakai

Tahukah kamu, semua barang tidak terpakai di dalam rumahmu bisa diuangkan. Bagaimana bisa? Kamu bisa membuka lemari dan menyortir baju-baju, peralatan rumah tangga, mainan, dan perabotan yang sudah tidak terpakai, lalu menjualnya dalam yard sale. Uang dari penjualan ini bisa kita gunakan untuk membayar hutang yang menumpuk.

4. Lunasi hutang yang leih besar terlebih dahulu

Hampir semua tempat pinjaman memberikan bunga yang harus dibayarkan oleh peminjam. Setiap tempat memiliki persentase bunga yang berbeda-beda, ada yang tinggi dan ada yang rendah. Persentase bunga ini akan mempengaruhi keuanganmu.

Jika kamu memiliki beberapa hutang dengan tingkat bunga yang beragam, ada cara untuk melunasinya. Sebaiknya, prioritaskan untuk melunasi hutang dengan bunga yang tinggi terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan lebih ringan menghadapi hutang di kemudian hari.

5. Janga berhutang untuk melunasi hutang

Memang, ada cara cepat untuk melunasi hutang dengan mengajukan pinjaman lagi. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan dana besar untuk membayar hutang yang jatuh tempo lebih dulu.

Tetapi sebenarnya, itu bukan solusi yang baik untuk masalah hutangmu. Daripada mengurangi jumlah hutang, kamu malah menambah hutang baru. Jika terus berlanjut seperti ini, kamu tidak akan bisa keluar dari jeratan hutang.

BACA JUGA:Beragam Resep Olahan dari Terong yang Lezat dan Nikmat

6. Gunakan tabungan

Melunasi hutang bisa menjadi hal yang sulit dilakukan. Mungkin saja kamu sudah menabung lama untuk membeli sesuatu yang diinginkan, tapi tidak bisa menggunakannya karena harus membayar hutang.

Namun, jika tabunganmu cukup untuk melunasi hutang, lebih baik gunakan tabungan tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, hutangmu bisa cepat terbayar dan kamu akan bebas dari beban hutang.

Setelah itu, baru kamu bisa mulai menabung lagi untuk membeli hal yang diinginkan. Ingat, harus bersabar dan rela jika ingin melunasi semua hutang dengan cepat.

7. Menyimpan uang kembalian

Coba cari kaleng bekas yang tidak terpakai untuk menyimpan uang receh dari kembalian saat berbelanja. Salah satu cara untuk melunasi utang yang menumpuk adalah dengan rajin mengumpulkan uang receh.

Caranya mudah, kamu hanya perlu mengumpulkan semua uang receh ke dalam kaleng bekas tersebut. Setelah terkumpul, kamu bisa menggunakannya untuk membayar utangmu.

8. Cari pekerjaan tambahan

Jika gaji bulanan dari pekerjaan utamamu tidak mencukupi untuk melunasi utang, ini saat yang tepat untuk mencari penghasilan tambahan. Kamu bisa menjual jasa keahlianmu untuk mendapatkan uang lebih.

Misalnya, kamu bisa menjadi guru les musik, berenang, atau melukis. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menjadi sopir ojek/taksi online, atau menjual jasa sebagai penerjemah atau penulis artikel, hingga desain dan fotografi.

Selain menjual jasa seperti itu, kamu juga bisa mencoba beberapa bisnis sederhana yang tidak membutuhkan modal besar.

BACA JUGA:Resep Ojingeo Bokkeum Masakan Korea yang Pedas dan Nikmat dengan Cita Rasa Khas, Begini Cara Membuatnya

Misalnya, menjual pakaian dan makanan secara online, membuka warung kopi di halaman rumah, atau berjualan pulsa.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk membantu melunasi hutangmu.

Demikian informasi tentang 8 tips cara melunasi hutang. Temukan tips lainnya hanya di radartegal.disway.id, semoga membantu.(*)

Sumber: