Orang Bunian yang Menimbulkan Perdebatan, Hasil Evolusi Kera atau Makhluk Astral?

Orang Bunian yang Menimbulkan Perdebatan, Hasil Evolusi Kera atau Makhluk Astral?

Ilustrasi misteri orang bunian y--

RADAR TEGAL - Keberagaman kebudayaan memberikan sumbangsih yang sangat banyak terkait legenda dan mitos. Semua kisah-kisah tersebut dipercayai tanpa adanya pengecualian oleh masyarakat setempat. 

 

Meskipun kisah legenda maupun mitos terkait makhluk halus ini tak terjangkau akal manusia, tetapi hal ini tetap dipercaya oleh hampir seluruh kalangan. 

 

Salah satunya di wilayah Minangkabau, Sumatra Barat terdapat legenda dan mitos tentang orang bunian. Kisah ini sangat terkenal karena diceritakan turun-temurun.

BACA JUGA:Kisah dan Mitos Keris Kyai Sengkelat yang Melegenda, Kerisnya Para Raja Jawa

 

Asal-usul orang bunian di Minangkabau 

Kemunculan kisah ini bersumber dari kepercayaan adat istiadat khas Minangkabau, Sumatra Barat. Konon katanya, orang bunian adalah wujud dari sosok “dewa”.

 

Namun, sosok “dewa” bagi masyarakat Minangkabau, bukanlah dewa dalam ajaran Hindu dan Budha. Makna “dewa” tersebut adalah istilah bagi orang bunian sebagai makhluk halus. 

 

Orang bunian dikisahkan tinggal di tempat-tempat sepi dan mendiami hutan rimba. Banyak juga yang percaya bahwa makhluk halus ini berhabitat di bukit-bukit tinggi, kuburan, dan bangunan tua. 

 

Senang menculik anak kecil 

Orang bunian menurut masyarakat Minangkabau digambarkan sebagai sosok makhluk halus yang senang menculik anak kecil pada waktu tertentu. 

 

Makhluk tersebut akan memperdaya anak kecil dengan menyebar aroma masakan yang sangat wangi dan lezat. Istilah tersebut dikenal sebagai “samba dewa”.

 

Bau masakan mirip seperti kentang yang sedang dimasak dengan sangat harum. Anak kecil seringkali tergoda dengan bau masakan ini, sehingga masuk ke perangkap orang bunian. 

BACA JUGA:Memakan 6 Korban, Ini Kisah dan Mitos Keris Sakti Mpu Gandring

 

Wujud orang bunian 

Orang bunian disebut sebagai orang dikarenakan wujud perawakannya sangat mirip seperti manusia modern. Untuk membuktikan kebenarannya, beberapa ilmuwan meneliti untuk membuktikan keberadaan makhluk ini. 

 

Pasalnya, menurut hasil penelitian mereka, orang bunian bukan makhluk halus, melainkan makhluk langka yang hidup di belantara. Mereka menutup diri dari kehidupan manusia lainnya. 

 

Menurut peneliti, mereka telah menemukan bukti jejak keberadaan orang bunian. Mulai dari jejak kaki, sampai rekaman video yang memperlihatkan orang bunian. 

 

Dari sini, terdapat kesimpulan bahwa orang bunian adalah makhluk hasil evolusi kera karena ia berjalan dengan kedua kaki mirip manusia, namun ukurannya lebih kecil dan pendek. 

 

Mistik memandang orang bunian

Dari sisi mistis, orang bunian tidak terpisahkan dari legenda ini. Masyarakat sekitar percaya bahwa mereka adalah makhluk halus sebangsa jin yang memiliki kekuatan supranatural. 

 

Orang bunian juga tidak dapat dilihat dengan mata biasa. Mereka hanya memunculkan diri untuk orang-orang yang diinginkan. 

 

Menurut legenda, orang bunian juga memiliki kehidupan mirip dengan manusia. Mereka membangun wilayahnya sendiri, memiliki pemerintahan sendiri. 

 

Mereka juga beranak-pinak membentuk keluarga mirip dengan hidup manusia. Bahkan pernah terdapat kepercayaan saat Malaysia Airlines hilang, salah satu pakar dunia gaib mengatakan bahwa pesawat serta penumpangnya dibawa orang bunian masuk ke dimensi lain. 

BACA JUGA:5 Makhluk Mitos Asal Sumatra yang Menyeramkan dan Terkenal

Inilah kisah dari misteri makhluk bunian yang hingga sekarang masih menjadi perdebatan. Menurut kamu legenda ini menarik, tidak?***

Sumber: www.saribundo.biz/misteri-sosok-orang-bunian-dari-sumatera-barat.html