Ini Tempat Jaka Tarub Mencuri Selendang Nawang Wulan, Mitosnya yang ke sini Langsung Enteng Jodoh

Ini Tempat Jaka Tarub Mencuri Selendang Nawang Wulan, Mitosnya yang ke sini Langsung Enteng Jodoh

air terjun --

RADAR TEGAL - Pasti anda sudah tidak asing lagi bukan dengan legenda Jaka Tarub. Ini dia tempat air terjun Jaka Tarub saat bertemu Nawang Wulan.

Air terjun ini merupakan tempat saat Tarub melihat bidadari yang sedang mandi. Ketika melihat salah satu bidadari cantik, Tarub mengambil slendang Nawang Wulan dan menyembunyikannya.

Sehingga Nawang Wulan tidak bisa kembali ke kayangan dan akhirnya menikah dengan Jaka Tarub. Kisah itu sudah melegenda bahkan diceritakan dari generasi ke generasi.

Air terjun ini bernama Air Terjun Sekar Langit. Kini air terjun ini menjadi tempat wisata yang berada di lereng Gunung Telemoyo.

Konon katanya, air terjun ini merupakan tempat pertemuan Jaka Tarub dengan Nawang Wulan. Tempat ini merupakan wisata yang sangat lekat dengan legenda Jaka Tarub tersebut.

Mitosnya siapa yang datang ke sini, bagi yang jomblo akan enteng jodoh. Dan untuk yang sudah mempunyai pasangan, jika pasangan tersebut ke sini akan langgeng selamanya.

BACA JUGA:Fakta di Balik Misteri Penduduk Madagaskar yang Sebagian Besar Ternyata Berdarah Indonesia

Mitos Air Terjun Sekar Langit

Legendanya dulu tempat ini adalah pemandian bagi para bidadari dari kayangan. Jaka Tarub yang kala itu sedang berburu di sekitar air terjun tersebut, mendengar jeritan-jeritan wanita yang seperti sedang bermain dan bercanda.

Rasa penasaran Jaka Tarub menuntunnya untuk mengikuti asal suara itu. Alhasil Jaka Tarub mendapati wanita-wanita cantik yang sedang asyik mandi di bawah air terjun. Karena terpesona, Jaka Tarub pun terfikir untuk mengambil salah satu selendang bidadari yang sedang mandi itu.

Konon kabarnya air terjun ini menjadi salah satu pertapaan Jaka Tarub yang berhasil memperistri Nawang Wulan tersebut. Tempat pertapaan tersebut masih dikeramatkan oleh penduduk setempat sampai saat ini.

Terkait dengan mitos Air Terjun Sekar Langit ini, para pengunjung dilarang bertutur kata yang kurang baik demi menghormati kawasan air terjun ini. Larangan lain yang harus dipatuhi adalah pengunjung tidak boleh membuang sampah secara sembarangan.

Selain mitos yang masih kental dengan legenda Jaka Tarub, tidak dipungkiri tempat ini memiliki suasana yang indah.

Anda bisa menikmati suasana alam yang masih terjaga alami dengan tetesan air yang begitu bening. Suhu air juga tergolong normal alias tidak terlalu panas atau sebaliknya.

Tak heran kalau banyak orang suka mandi di kolam air terjun eksotis ini. Pada jaman kolonialisme, orang Belanda suka mandi di air terjun eksotis ini.

Sumber: