Jadi Daya Tarik Wisata, Ruwat Bumi Guci Harus Dipromosikan ke Manca Negara

Jadi Daya Tarik Wisata, Ruwat Bumi Guci Harus Dipromosikan ke Manca Negara

RUWAT BUMI - Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Sayyid Abdul Qodir saat memandikan kambing kendit sebagai syarat ruwat bumi di Objek Wisata Guci, Bumijawa, Rabu 27 Juli 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

RADAR TEGAL- Memiliki daya tarik wisata yang besar, Ruwat Bumi Guci harus dipromosikan ke manca negara. Prosesi yang berlangsung di Objek Wisata Guci, Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal itu merupakan agenda rutin setiap tahun. 

Dengan promosi hingga ke manca negara, maka Objek Wisata Guci bisa mendunia. Hal itu seperti pernyataan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Sayyid Abdul Qodir yang hadir saat Ruwat Bumi Guci mewakili Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Rabu 26 Juli 2023.

Dia berpesan agar ruwat bumi ini terus dilestarikan, dikembangkan, dan dikemas semakin apik.

"Harus dipromosikan lebih gencar lagi sampai ke manca negara," tandasnya. 

BACA JUGA:Mengenal Tradisi Ruwat Bumi di Guci: Suatu Bentuk Rasa Syukur Kepada Tuhan Setiap 1 Suro

Politikus PKB yang akrab disapa Habib Qodir ini menyambut baik kegiatan Ruwat Bumi Guci itu. Menurutnya, ruwat bumi merupakan upaya untuk melestarikan tradisi masyarakat desa di kawasan Objek Wisata Guci.

“Sebagai generasi penerus sudah sepantasnya kita melanjutkan dan mengolah warisan ini untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dengan tetap memperhatikan keseimbangan alam,” ujarnya.

BACA JUGA:Ruwat Bumi Guci 2023 Berbeda dari Tahun Sebelumnya, Ada Kambing Kendit dan Penyerahan Tongkat Leluhur

Selain menjadi daya tarik wisata, menurut Habib Qodir, ruwat bumi juga mempunyai nilai-nilai universal. Seperti menyadarkan masyarakat bahwa ada yang lebih berkuasa dalam menentukan hidup dan kehidupan ini beserta seluruh isinya. 

Sebagai makhluk-Nya diwajibkan untuk bersyukur sekaligus memohon perlindungan agar terhindar dari segala marabahaya, yang dapat mengancam keselamatan umat.

"Jika dikaitkan dengan pengembangan sektor pariwisata, maka kondisi sosial masyarakatnya akan semakin guyub, saling membantu, bergotong-royong serta ramah. Dan akan menjadi penilaian tersendiri di mata publik," ujarnya. ***

Sumber: