Bukan dari Ambon, Ini 5 Asal-Usul Nama Bika Ambon yang Berasal dari Medan

Bukan dari Ambon, Ini 5 Asal-Usul Nama Bika Ambon yang Berasal dari Medan

--by herstory.co.id

RADAR TEGAL - Indonesia memiliki berbagai makanan khas daerah yang beragam dan banyak disukai oleh banyak orang, salah satunya adalah Bika Ambon.

Bika Ambon merupakan makanan yang terbuat dari bahan-bahan, seperti tepung tapioka, telur, gula, dan santan.

Bika Ambon merupakan makanan khas daerah Medan, bukan dari Ambon. Anda pasti bertanya-tanya, jika dari Medan mengapa diberi nama Bika Ambon, bukan Bika Medan. 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Radar Tegal sudah merangkum jawabannya untuk Anda. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Enak Banget! Ini 5 Kuliner Legendaris Semarang yang Wajib Anda Coba

Asal-Usul Nama Bika Ambon

Ketika mendengar Bika Ambon pasti yang Anda pikirkan makanan ini berasal dari Ambon, tetapi Anda salah. Makanan ini berasal dari Medan. 

Kemudian muncul pertanyaan lagi mengapa nama dan asal makanan tersebut sangat berbeda. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terdapat berbagai versi cerita. 

Versi pertama diceritakan bahwa salah satu peninggalan Portugis di Maluku adalah tradisi kuliner. Berbagai jenis kuliner diperkenalkan kepada penduduk setempat. 

Salah satunya adalah bika, saat itu namanya hanya bika. Namun, tidak ada yang tahu mengapa akhirnya Bika berubah nama menjadi Bika Ambon atau diperkenalkan oleh orang Ambon ke Medan. 

Versi kedua menceritakan nama Bika Ambon berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia dengan membawa kue bika.

Setelah mengetahui rasanya enak, orang tersebut pulang ke Indonesia. Namun tidak kembali ke Ambon, melainkan singgah di Medan.

Sehingga, sejak 40 tahun yang lalu Bika Ambon terkenal sebagai makanan khas Medan. 

BACA JUGA:Pisang Goreng Dicocol Sambal? Ini 5 Makanan Khas Maluku Utara yang Wajib Dicoba

Sumber: youtube.com/marina ohorella